Vitamin Anak Penting Gak Penting

Vitamin Anak Penting Gak Penting

Pengertian Vitamin

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. (Wikipedia)

Vitamin tidak diproduksi dari tubuh tapi didapat dari makan yang dikonsumsi. Kebutuhan tubuh akan vitamin sebenarnya hanya dalam jumlah sedikit, walaupun sedikit bukan berarti tidak diperlukan, karena kurang atau tidak ada maka metabolisme dalam tubuh akan terganggu karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain di dalam tubuh.

Kebutuhan Anak Akan Vitamin Anakanak dan vitamin

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang ada sebanyak 13 Vitamin. Antara lain Vitamin A, B, C, D, E, K.

Kebutuhan vitamin anak sebenarnya dapat dipenuhi dari makanan sehari-hari. Masing-masing vitamin memiliki manfaat yang berbeda-beda begitu juga apabila ada vitamin yang tidak terpenuhi akan menimbulkan gangguan yang berbeda-beda pula.

Oleh Karena itu variasi makanan sangat diperlukan agar kebutuhan tubuh anak akan vitamin dapat terpenuhi.

Tidak perlu memberikan dosis tinggi untuk vitamin anak. Cukup diberikan sesuai dengan angka kebutuhan gizi anak. Atau memberikan vitamin disaat anak dalam kondisi sakit, masa penyembuhan, kekurangan gizi,  termasuk pemberian vitamin anak pada saat mereka memiliki aktifitas yang tinggi.

Cara Memilih vitamin Anak yang Tepat

Lalu bagaimana cara memilih vitamin anak yang tepat ? berikut beberapa tips dari dr. Sudung O. Pardede, SpA.

  1. Sesuaikanlah dengan kebutuhan anak dalam memilih Vitamin.

Pemberian vitamin jangan asal-asalan karena kelebihan vitamin juga tidak baik untuk tubuh,. Misalnya anak yang sering menderita rabun pada sore hari menjelang senja, maka berikanlah vitamin A.

  1. Perhatikan batas aman dari vitamn yang dikonsumsi.

Misalnya vitamin A, batas amannya adalah 300.000 unit per hari. Rata rata kandungan dari vitamin A yang dijual bebas di toko obat ataupun apotik adalah 3.000 – 6.000 unit. Jadi apabila dikonsumsi 3x sehari totalnya mencapai 18.000 unit. In bisa dibilang cukup rendah yang artinya tidak berbahaya untuk tubuh.

  1. Jangan pilih vitamin berdasarkan merk.

Yang terpenting dari vitamin yang dijual bebas adalah komposisinya. Masing masing produk atau merk yang menjual vitamin memiliki kandungan yang berbeda. Maka pemilihannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Baca petunjuk pemakaian secara teliti.

Ini penting, ada kaitannya denga point nomor 2.

  1. Jika kondisi anak fit dan normal, maka berilah multivitamin yang juga dilengkapi berbagai mineral penting.

Hal ini selain untuk menghemat pengeluaran juga untuk memperkaya kandungan gizi yang di dapat tubuh anak.

  1. Apabila terjadi kelebihan vitamin ( hipervitaminosis) segera hentikan penggunaan.

Kejadian hipervitaminosis ini tidak ada pengobatan khusus, sama dengan pengoatan penyakit biasa, berikan pengobatan yang disesuaikan dengan keluhannya,

Suplemen atau Vitamin Anak Madu Antariksa

Suplemen adalah gabungan dari dua atau lebih vitamin yang dikombinasikan dengan zat berkhasiat lainnya. Fungsi suplemen biasanya sebagai tambahan.

Misalnya suplemen diberikan kepada anak susah makan. Anak susah makan biasanya sedikit sekali jumlah makanan yang masuk ke tubuhnya. Atau anak yang tidak mau makan sayur dan buah. Tentu saja akan berakibat kekurangan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh anak.

Maka pada kondisi seperti ini sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi suplemen. Salah satu suplemen yang dianjurkan adalah Madu Antariksa.

madu antariksa vitamin anak

Madu Antariksa adalah suplemen khusus untuk anak dimana didalamnya terdapat madu yang kaya akan vitamin dan mineral untuk anak . Khasiat madu ini dikombinasikan dengan zat istemawa lainnya yaitu temulawak, albumin dan gamat.

Silahkan baca manfaat madu antariksa : https://maduantariksa.id/maduantariksa/#Manfaat_dan_Khasiat_Madu_Antariksa

Kesimpulannya vitamin anak sangat diperlukan dalam masa tumbuh kembangnya. Walaupun jumlah yang diperlukan tidak banyak tapi sangat berbahaya jika kekurangan vitamin. Pilhlah vitamin anak yang juga dilengkapi dengan berbagai mineral penting lainnya.

Save

Bahan Alami Sebagai Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Bahan Alami Sebagai Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

anak perlu penambah nafsu makanAnak makan malas malasan, tidak berselera dan terkesan tidak bernafsu, tentu sebagai orang tua merasa khawatir. Apabila hal ini terus terjadi dan berlarut, dampaknya tidak baik untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Pembahasan mengenai cara mengatasi anak susah makan sudah lengkap dibahas di artikel (cara mengatasi anak susah makan).

Pada artikel ini, yang akan dibahas adalah mengenai bahan alami sebagai suplemen penambah nafsu makan anak. Kenapa alami ? yang dimaksud alami di sini adalah bahan bahan yang digunakan telah tersedia di alam. Tinggal bagaimana kita menggunakan anugerah dari alam ini untuk membantu keluhan  kita, dalam hal menambah nafsu makan anak.

2 Jenis Bahan Alami Penambah nafsu makan Anak

Banyak sekali bahan bahan alami yang bisa digunakan sebagai penambah nafsu makan anak. Untuk kali ini akan dibahas 2 jenis saja, yang sudah terbukti secara kandungan bermanfaat sebagai penambah nafsu makan anak.

  1. Madu

Banyak penelitian yang menyatakan madu adalah minuman terbaik penambah nafsu makan anak. Artinya madu sudah tidak diragukan lagi. Bahkan dengan memberikan madu pada anak makan khasiat lainnya juga di dapat dan baik untuk kesehatan anak. Diantarnya meningkatkan daya tahan tubuh terutama untuk daya tahan terhadap panas dan pilek. Madu juga mengandung faktor pertumbuhan, karena kandugan gizinya yang bagus.

  1. Temulawak

Tanaman ini sering di olah dalam bentuk jamu dan digunakan orang tua kita dulu sebagai penambah nafsu makan. Temulawak mengandung senyawa kurkumin. Senyawa ini membantu meningkatkan nafsu makan dan membantu mengatasi gangguan pencernaan. Selain itu senyawa  ini dapat memperlancar pengeluaran cairan pada empedu dan pankreas sehingga meningkatkan aktifitas pada pencernaan.

Pemberian temulawak pada dosis rendah akan membantu percepatan pengosongan lambung, sehingga dengan kosongnya lambung secara alamiah akan membuat nafsu makan timbul dan bertambah.

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Memberikan Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak ?

Pemberian suplemen sebagai penambah nafsu makan anak harus diberikan pada kondisi yang tepat. Kapan itu ?

Diberikan pada saat sedang sakit, baru sembuh dari sakit dimana selera makannya sedang menurun. Biasanya pada kondisi normal, setelah sakit, maka perlahan-lahan nafsu makan anak akan kembali normal. Namun ada juga kasus tertentu anak menderita sakit menahun, seperti infeksi saluran pencernaan, tbc, atau mungkin ada gangguan pencernaan akibat dari parasit, maka masa penyembuhannya juga relative lama. Jika pada kondisi ini suplemen harus di berikan untuk menambah gizi nya.

Selain itu ada juga anak yang sehat namun nafsu makannya rendah, dan berlangsung terus menerus, yang mengakibatkan anak gampang sakit dan secara fisik lambat berkembang.

Pada kondisi seperti juga bisa diberikan suplemen penambah nafsu makan anak. Harapannya kecukupan gizinya terpenuhi sekaligus untuk membantu pertumbuhan dan daya tahan tubuhnya.

Madu Anak Antariksa sebagai Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Banyak sekali suplemen untuk anak tersedia baik di toko obat, Apotik dan toko toko online. Namun tidak semua suplemen itu dibuat untuk penambah nafsu makan anak.

madu antariksa penambah nafsu makan anak

Madu Antariksa adalah suplemen anak yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak, selain meningkatkan nafsu makan anak, madu antariksa juga memberikan manfaat lain untuk meningkatkan angka kecukupan gizi anak. Hal ini dikarenakan Madu Antariksa mengandung Madu dan Temulawak seperti yang telah dibahas di atas, dimana secara alami mampu meningkatkan dan menambah nafsu makan anak.

Selain itu pada madu antariksa juga mengandung albumin dan gamat (ekstrak teripang) yang baik untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak.

Madu dan Temulawak sebagai Obat Penurun Panas Anak Secara Alami

Madu dan Temulawak sebagai Obat Penurun Panas Anak Secara Alami

Panas atau demam Pada Anak

Panas Tinggi disertai dengan menggigil seperti orang kedinginan atau sering orang menyebutnya dengan demam. Kondisi seperti ini sering kita rasakan terutama sering terjadi pada anak-anak.

Pada umumnya demam atau panas pada tubuh terjadi akibat adanya perlawanan dari sistem kekebalan tubuh terhadap hal yang merusak tubuh seperti bakter, jamur, virus dll.

penurun panas anak

Pada kondisi seperti ini, apabila dibiasakan meminumkan obat kimia penurun panas tentu akan membuat tubuh menjadi ‘manja’ yang akibatnya akan melemahkan daya tahan (imunitas) tubuh

Memang kekhawatiran terjadinya panas tinggi pada anak membuat kita terburu-buru untuk segera memberikan obat penurun panas.

Namun perlu kita ketahui bahwa suhu tubuh tidak normal adalah ketika melebihi suhu 37 derajat celcius. Suhu tubuh dapat di ukur dengan thermometer melalui mulut atau ketiak. Jika mencapai suhu 38 derajat celcius dan masih panas demam, artinya tubuh tidak mampu menghadapi bakteri atau virus yang telah diserang dengan panasnya suhu tubuh.

Jika panas tubuh sudah mencapai 40 derajat celcius bahkan lebih, ini dianggap pada kondisi berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Jadi apabila demam sudah mencapai 38 derajat celcius atau lebih, gunakanlah obat penurun panas anak yang alami.

Lalu apa saja obat penurun panas anak yang alami ? Temulawak dan Madu adalah jawabannya. Berikut disampaikan penjelasannya :

Khasiat temulawak untuk penurun panas anak

Temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia khususnya pulau jawa, yang terus menyebar secara geografi ke seluruh wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika dan beberapa wilayah Eropa. Temulawak atau dalam Bahasa latin dikenal dengan nama Curcuma Xanthoriza dikenal juga sebagai tanaman obat. Di Sunda temulawak disebut koneng gede, sementara di Madura dikenal dengan nama temu labak.

Pada Temulawak terdapat zat aktif Xanthorrhizol, Germacrene, Alpha betha Curcumena dimana Manfaatnya sebagai antiinflamasi (antiperandangan), antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Karena itu temulawak ini digunakan sebagai penambah nafsu makan, membantu mengatasi keluhan mencret, diare, maag, perut kembung, badan pegel-pegel serta sebagai obat penurun panas.

Cara penggunaan temulawak sebagai obat penurun panas

Cukup gunakan 10 gram temulawak, parut dan tambahkan ½ gelas air panas, lalu aduk sampai rata. Tunggu hingga dingin lalu peras dan saring (ambil sarinya saja).

Setelah itu air saringan temulawak ini dicampurkan dengan 2 sdm madu, lalu aduk hingga rata. Takaran ini bisa digunakan untuk pemakaian 3x sehari.

Khasiat Madu sebagai Obat Penurun Panas Anak

Tidak ada yang meragukan dari Manfaat dan Khasiat Madu. Hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ) , peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto , Selandia Baru, salah satu manfaat dari madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik . Menurut Peter C Molan Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

Sementara itu di dalam madu juga terkandung zat anti microbial hal ini dinyatakan oleh Kamaruddin (1997) peneliti dari Departement of Biochemistry , Faculty of Medicine , University of Malaya di Malaysia. Zat Anti Microbia ini dapat menghambat penyakit.

Panas yang terjadi pada anak seperti yang dijelaskan di atas adalah karena adanya serangan dari tubuh terhadap virus atau bakteri (penyakit). Jadi dengan bantuan madu sebagai zat antibiotic dan anti microbia kuman akan segera mati dan tubuh dapat segera menurunkan suhu tubuh.

Madu Antariksa sebagai Alternatif Obat penurun Panas Anak

madu antariksa obat penurun panas anak

Mengapa harus menggunakan madu anak antariksa ? Karena madu antariksa mengandung madu dan temulawak serta ditambahkan gamat dan albumin sebagai penambah daya tahan tubuh.

Dengan madu anak antariksa khasiat dari madu dan temulawak langsung dapat digunakan sekaligus sebagai obat alami penurun panas anak.

Obat Batuk Kering Pada Anak

Obat Batuk Kering Pada Anak

Batuk, pilek, flu adalah penyakit yang sering dialami anak-anak. Apalagi di Usia 1 – 12 tahun adalah masa pertumbuhan dan anak mencoba melakukan segala hal, maka adalah hal yang wajar anak sering terlihat tidak pernah lelah dan selalu kotor.

Kondisi seperti ini tentu juga rentan terhadap kesehatan tubuh anak. Makanya penyakit musiman seperti batuk pilek sering terjangkiti anak.

Pengertian Batuk

Berdasarkan wikipedia : Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Namun batuk yang terus terjadi dan berlangsung lama bisa dikatakan sebagai batuk akut atau batuk kronis. Kondisi seperti in bisa disebut sebagai penyakit.

Secara umum batuk dikategorikan 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk basah atau sering disebut dengan batuk berdahak.

Untuk batuk kering sesuai dengan namanya, batuk ini tidak tidak disertai dengan keluarnya lendir, berbeda dengan batuk basah, dimana pada saat batuk disertai dengan adanya produksi lender atu sering disebut dengan dahak (sputum)

Jenis Batuk Kering

Batuk kering dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu Batuk Kering Biasa, Batuk Kering Menggonggong (croup) dan Batuk Rejan.obat batuk kering anak

Batuk kering biasa, disebabkan oleh virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Pada saat terkena batuk kering ini maka akan terjadi batuk yang terus menerus disertai dengan terganjalnya tenggorokan dan tidak menutup kemungkinan juga disertai rasa nyeri.

Batuk menggonggong, dari namanya batuk ini terjadi terus menerus hingga suara batuknya seperti anjing melolong. Ini terjadi karena ada pembengkakan atau infeksi pada pita suara sehingga disertai rasa sakit dan kesulitan bernafas.

Batuk rejan, dikenal dengan nama pertusis atau batuk 100 hari. Disebabkan oleh bakteri, dan ini sering terjadi atau sering di alami oleh anak-anak. Batuk rejan ini biasanya terjadi terus menerus dan setelah nya disertai suara keras tarikan nafas.

Cara Dan Obat Mengatasi Batuk Kering Pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika anak kita mengalami batuk kering. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Saat anak terkena batuk kering, perbanyak anak minum air putih. Air putih membantu memperbanyak jumlah cairan yang masuk ke mulut dan tenggorokan, sekaligus membantu menambah asupan cairan ke seluruh tubuh.
  2. Perbanyak waktu istirahat anak. Anak sering kali tetap bermain aktif tanpa menghiraukan kondisi tubuhnya termasuk disaat batuk. Berikan pengertian ke anak agar memperbanyak waktu istirahatnya. Atau jadwalkan secara teratur waktu istirahat anak tanpa mengganggu waktu bermainnya.
  3. Bersihkan kembali tempat tidur anak, tempat bermain dan mainannya. Karena selain mencegah penyebaran virus atau bakteri, tempat aktivitas anak-anak yang tidak terjaga kebersihan juga akan menimbulkan penyakit lainnya, apalagi saat batuk kondisi tubuh sedang lemah dan rentan terkena penyakit.
  4. Perhatikan asupan makanannya. Hindari makanan yang memicu batuk seperti goreng-gorengan. Perbanyak makanan yang bergizi tinggi.
  5. Berikan Vitamin atau suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bagi para orang tua yang takut atau khawatir jika menggunakan obat batuk kimia, maka madu antariksa adalah jawabannya. Madu antariksa mengandung bahan alami yang sudah teruji khasiatnya, yaitu madu, temulawak, albumin dan ekstrak teripang. Kandungan madu antariksa tersebut membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus sebagi obat alami mengatasi batuk kering pada anak.

anak suka obat batuk kering madu antariksa

Langkah terbaik dalam mengobati adalah dengan mencegahnya. Begitu juga dengan pengobatan batuk kering pada anak. Sebelum batuk kering terjadi pada anak, maka cegalah secara ekternal maupun internal. Secara eksternal dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tempat bermain anak, sementara pencegahan internal dilakukan dengan menjaga asupan gizi anak dan memperhatikan jadwal istirahat anak.

Madu Antariksa Obat Batuk Anak Alami

Madu Antariksa Obat Batuk Anak Alami

Madu sebagai obat batuk anak alami

Batuk, pilek dan demam sering menyerang anak, terutama yang berusia, 1, 3, 4, 5 tahun. Biasanya dalam setahun bisa terjadi 2 – 4 kali. Ini adalah reaksi normal dari tubuh ketika ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak. Yang menjadi kekhawatiran adalah batuk pada anak tak kunjung sembuh.

anak batuk obat batuk anak

Selain itu kalau anak sudah terkena batuk, tidak hanya anak itu saja yang terganggu, namun bisa seluruh anggota keluarga yang terganggu, terutama di malam hari saat tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi batuk pada anak ?

Banyak saat ini obat batuk kimia yang dijual bebas, baik toko obat maupun di apotik. Namun untuk anak-anak tentu sangat tidak baik jika selalu diberikan obat kimia. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat kimia sangat tidak baik jika terus-terusan dikonsumsi sejak kecil.

Lalu apakah ada obat batuk anak yang bagus dan alami yang mampu membantu mengatasi keluhan batuk anak? Tentu saja ada.

Alam sudah menyediakan semuanya untuk manusia. Salah satunya madu. Madu sudah diakui khasiat dan manfaat nya sejak dulu manusia mengenal madu. Bahkan madu dijuluki sebagai obat batuk anak tradisional yang ampuh.

Dahulu madu adalah minuman raja dan para bangsawan. Ini dikarenakan untuk mendapatkan madu sangatlah susah. Sementara manfaat dan khasiatnya sangat luarbiasa

Saat ini madu sudah banyak kita jumpai. Baik madu hasil ternak maupun madu yang diambil langsung dari habitat aslinya.

Khasiat madu untuk mengobati batuk anak

Madu adalah minuman kental lagi menyejukkan. Kekentalan pada madu ketika diminum memberikan rasa sejuk pada bagian belakang tenggorokan. Selain itu rasa manis pada madu menyebabkan munculnya rangsangan pada mulut untuk memproduksi air liur. Air liur ini bermanfaat untuk menipiskan lendir penyebab batuk yang tentu saja akan mengurangi dorongan untuk batuk.

Selain itu madu mempunyai manfaat sebagai anti oksidan.  Anti oksidan  ini membantu tubuh menangkal radikal bebas sekaligus menangkal bakteri penyebab batuk dan flu.

Khasiat lain dari madu dapat dibaca pada artikel ini : Khasiat Madu Anak Antariksa

Cara pemakaian madu untuk anak yang terkena batuk

Untuk anak batuk dengan usia 1 – 5 tahun, berikan madu dengan takaran ½ hingga 2 sendok teh. Diminumkan 3x sehari yaitu pada saat bangun tidur, sore hari dan 1 jam menjelang tidur.

Madu bisa dicampurkan dengan air putih. Atau khusus pada saat anak batuk parah, bisa ditambahkan perasan jeruk nipis.

Madu Antariksa Madu Alami untuk Batuk Anak

Madu Antariksa adalah madu alami yang khusus dibuat untuk anak. Yang membedakan madu antariksa dibanding madu pada umumnya adalah madu yang digunakan merupakan madu murni yang sudah steril dari bakteri yang mungkin saja terbawa oleh kaki lebah saat hinggap di bunga saat mencari makanannya.

madu antariksa obat batuk anak alami

Keistimewaan dari madu antariksa inilah yang dimanfaatkan sebagai obat batuk anak alami. Selain itu kandungan lain yang terdapat pada madu antariksa sangat bermanfaat bagi anak untuk perkembangan otak, pertumbuhan fisik, dan daya tubuh anak.

Baca kandungan madu antariksa : https://maduantariksa.id/maduantariksa/#Kandungan_Madu_Antariksa

Madu Antariksa sudah terkenal sebagai merk obat batuk anak yang bagus. Manfaat dan khasiatnya sudah terbukti dengan banyaknya testimoni dari konsumen yang sudah mencoba madu antariksa.

Jika anda mencari obat batuk anak alami tak perlu ragu lagi, segera hubungi kami untuk mendapatkannya.

Save

Save

Makanan Sehat Untuk Anak Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang

Makanan Sehat Untuk Anak Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang

Makanan Sehat Untuk Anak

Apa saja sih Makanan sehat untuk anak bun? Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan seperti itu. Dan jawaban saya selalu sama yaitu yang halal.

Mengapa jawabannya adalah yang halal ? karena semua makanan itu baik untuk kesehatan tubuh anak ataupun manusia, kecuali yang diharamkan. Karena jelas sekali makanan haram itu tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia titik.

Umumnya para ahli gizi dan kesehatan sudah menetapkan standar makanan yang baik untuk kesehatan terutama untuk pertumbuhan anak. Slogan yang sering kita dengar dari dulu  bahwa makanan sehat adalah makanan yang terdiri 4 sehat 5 sempurna (4S 5S). Ada Karbohidrat, Ikan / daging, Sayuran, buah-buahan serta minuman pelengkap seperti susu.

Konsep Pedoman Gizi Seimbang

Konsep 4S 5s pada konferensi FAO dan WHO di Roma, Italia, telah dirubah menjadi Konsep Pedoman Gizi Seimbang. Yang artinya bagi orang tua dalam menyiapkan makanan sehat untuk anak nya tidak hanya memenuhi unsur 4 S 5s tadi tetapi juga memperhatikan berapa jumlah kalori yang tersedia dari makanan yang kita sajikan untuk kebutuhan gizi anak yang tepat.

Makanan Sehat Untuk Anak berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang
Piramida Pedoman Gizi Seimbang

Jumlah kalori yang dibutuhkan anak disesuaikan dengan usai dan aktivitasnya. Rata-rata anak sekolah membutuhkan 1600 – 2500 kalori per hari. Sementar anak yang menginjak usia dewasa asupan kalorinya bertambah dari 2500 – 3000 kalori perhari.

Lalu, bagaimana cara menghitung kalori makanan? Perlu para orang tua ketahui bahwa, 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan 4 kkal, 1 gram protein dapat menghasilkan 4 kkal, dan 1 gram lemak dapat menghasilkan 9 kkal. Kurang lebih seperti itu.

Jadi kesimpulannya makan sehat untuk anak adalah makan yang memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna dengan takaran kalori yang sesuai. Cukup sesederhana itu saja.

Selanjutnya yang dibutuhkan adalah variasi dari bahan 4S 5s tadi, variasi ini perlu untuk memperkaya kebutuhan gizi anak dan juga untuk menghindari kebosanan anak terhadap makanannya, apalagi untuk anak yang susah makan.

Kemudian hal yang tidak boleh dilupakan selain makanan sehat adalah olah raga (aktivitas fisik) yang teratur, menjaga kebersihan makanan dan lingkungan serta selalalu memantau berat badan anak.

Yang terakhir dan kadang sering dilupakan adalah pelengkap nutrisi yang sering disebut suplemen. Suplemen untuk anak adalah hal yang kadang diabaikan karena orang tua merasa cukup dengan makanan yang dikonsumsi anak. Hal ini tidak lah salah namun kadang aktivitas anak yang cenderung over aktif dan untuk makanan tertentu seperti sayuran dan buah lebih sering dimakan dalam porsi yang sedikit maka kebutuhan suplemen adalah hal penting.

Lalu suplemen apa yang baik untuk anak ? Jawabannya adalah madu.

Madu Antariksa sebagai Suplemen Makanan Sehat Untuk Anak

Kenapa harus madu sebagai pelengkap makanan sehat untuk anak ? Ini jawabannya :

  • Madu sebagai Sumber Vitamin Yang Lengkap Bagi Anak

Pada madu terdapat vitamin yang dibutuhkan oleh anak, diantaranya : Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat.

Yang lebih istimewa lagi keseluruhan vitamin di atas dapat diserap dengan mudah oleh tubuh setelah 1 jam madu ini dikonsumsi anak. Berbeda dengan vitamin yang terdapat pada makanan lain, penyerapan terhitung lebih lambat.

  • Madu memiliki bakteri yang baik.

Bakteri baik ini adalah laktobasilus dan bifidobacteria. Maksudnya bakteri yang baik adalah, bakteri ini baik bagi tubuh dengan membunuh bakteri jahat di dalam usus.  Dengan membunuh bakteri jahat dalam usus maka pencernaan anak juga akan baik, sehingga akan meningkatkan nafsu makannya dan mempercepat penyerapan gizi pada makanan yang dimakannya.

  • Madu baik untuk perkembangan otak

Berilah satu sendok makan madu asli sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan fungsi kinerja otak sebab fruktosa yang terkandung pada madu akan memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman pada saat anak Anda sedang tidur.

  • Membantu Pertumbuhan Anak

Tidak diragukan lagi bahwa madu dapat membantu pertumbuhan anak secara optimal. Madu mengandung cukup banyak zat besi (Fe) dan tembaga (Cu) sedang ASI atau susu sapi mengandung lebih sedikit dibandingkan madu. Asupan Fe dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

  • Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Madu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sehat, terhindar dari penyakit.

Dari sekian banyak merk madu bahkan tidak jarang ada juga yang palsu dan oplosan. Lalu madu apa yang baik dan cocok bagi anak?

Tanpa basa basi, saya rekomendasikan Madu Anak Antariksa. Kenapa harus madu antariksa? Ini jawabannya :

  1. Madu Asli dan Murni
  2. Mengandung unsur lain yang memang dibutuhkan anak, yaitu : Albumin, Temulawak dan Gamat / Teripang Emas.
  3. Bersertifikat

Silahkan baca selengkapnya tentang madu antariksa disini : https://maduantariksa.id/maduantariksa/

Demikian sedikit ulasan tentang makanan sehat untuk anak. Semoga bermanfaat dan yang menjadi harapan kita semua bisa terwujud yaitu anak tumbuh dan berkembang dengan sehat secara fisik dan baik secara rohani.

makanan sehat anak madu antariksa

*Dikutip dan di edit dari wawancara dengan bunda Sarah.

Save

Save

Manfaat Madu Untuk Menggemukkan Anak

Manfaat Madu Untuk Menggemukkan Anak

Pengertian Madu Gemuk Anak

Madu gemuk anak atau dengan kata lain, madu untuk menggemukkan anak, apakah bisa ? Madu mempunyai keistimewaan yang luar biasa, selain bisa menurunkan berat badan (untuk diet) madu juga bisa lho untuk menambah berat badan anak.

anak kurus ingin gemuk

Berikut Fakta Dari Madu Untuk Gemuk Anak

  1. Madu sebagai sumber kalori yang besar

Kita ketahui kalori adalah satuan energi yang terkandung dalam makanan. Madu merupakan sumber kalori, artinya dengan menambah asupan kalori dari madu, bisa menambah kalori untuk tubuh yang tentu saja akan menambah berat badan.

1 sendok teh madu bisa menyediakan 64 kalori. Itu lebih dari gula pasir, yang memiliki 49 kalori per sendok makan.

Madu memiliki kemampuan untuk memobilisasi penyimpanan lemak, madu juga telah terbukti meningkatkan secara positif tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

Anak-anak dengan segala aktifitas mereka yang luar biasa kadang mendapatkan kalori dari makanannya yang tidak sebanding dengan kegiatannya sehari-hari, apalagi anak yang susah makan sementara aktifitasnya begitu banyak, membuat anak kekurangan kalori, sehingga tubuhnya menjadi kurus. Penambahan madu sebagai suplemen, sangat baik untuk mempertahankan atau bahkan menambah berat badan anak.

  1. Madu sebagai sumber karbohidrat

Hampir sama dengan kalori, karbohidrat juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktifitas seharian. Madu juga mengandung karbohidrat untuk menambah asupan karbohidrat dalam tubuh.

  1. Madu dapat mencerna makanan dengan cepat

Salah satu keistimewaan madu adalah kemampuanya untuk membantu proses pencernaan. Apabila proses pencernaan ini berlangsung dengan baik dan cepat, maka proses penyerapan gizi oleh tubuh juga akan menjadi lebih cepat, selain baik untuk pertumbuhan, proses penyerapan gizi yang cepat ini, akan meningkatkan juga porsi makanan yang di makan.

  1. Madu dapat menambah nafsu makan

Madu mudah diserap oleh usus bersama dengan zat organik lainnya. Karena memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang tinggi. Inilah yang menjad perangsang bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan. Selain itu kandungan vitamin B kompleksnya juga terbukti meningkatkan nafsu makan.

  1. Madu juga mengandung cukup banyak zat besi (Fe) dan tembaga (Cu)

Zat Besi dan Tembaga pada madu lebih banyak dibanding ASI atau susu sapi. Asupan Fe dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin yang kemudian dapat menambah berat badan.

Madu Antariksa Sebagai Madu Gemuk Anak

Saat ini telah tersedia madu anak antariksa. Madu anak ini mengandung Madu murni, Temulawak, Albumin dan Gamat (ekstrak teripang). Madu anak Antariksa ini sangat dianjurkan karena kandungannya sangat baik untuk meningkatkan berat badan anak / gemuk anak.

madu antariksa madu gemuk anak

Selain Madu murni, madu anak antariksa juga mengandung ekstrak temulawak. Temulawak telah digunakan sejak dahulu untuk menambah nafsu makan. Ini tentu juga akan bermanfaat untuk anak yang susah makan.

Albumin yang diambil dari ekstrak ikan gabus mempunyai manfaat sebagai agen pengikat darah, menjadi penjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sebagai saluran berbagai nutrisi dan hormon, membantu memperbaiki kerusakan jaringan.

Sementara gamat yang merupakan ekstrang dari teripang emas mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan regenerasi sel tubuh.

Inilah keistimewaan madu anak antariksa sebagai madu gemuk anak. Kandungannya lengkap dan cocok digunakan untuk menambah berat badan anak.

Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah pemberian dosis madu gemuk anak ini jangan berlebihan. Walaupun dalam kapasitas ingin menambah berat badan anak, pemakaian madu terhadap anak haruslah dalam dosis yang sesuai.

Madu untuk menggemukan anak ini hanya sebagai vitamin tambahan yang sifatnya memberikan rangsangan terhadap tubuhnya.

Hidup sehat dengan olah raga serta makan makanan yang seimbang tetap harus dilakukan. Karena kelebihan berat badan juga tidak baik bagi anak terutama dalam masa pertumbuhannya.

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak

Madu sebagai suplemen alami memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Hal ini sudah terbukti sejak dahulu. Selain untuk orang dewasa, anak yang dalam masa pertumbuhan justru sangan dianjurkan untuk meminum madu.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada madu sangat berlimpah, seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, E, K, uric acid dan asam nikotinal. Terlebih lagi vitamin tersebut sangat mudah diserap tubuh kurang lebih 1 jam setelah meminumnya ini jauh berbeda jika mengkonsumsi makanan lain yang juga mengandung vitamin seperti pada buah dan sayuran. Keistemewaan ini lah yang dimanfaatkan untuk kesehatan terutama kesehatan anak.

madu dan khasiat nya untuk anak

Kandungan Madu yang Bermanfaat dan Berkhasiat Untuk Anak

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dan khasiat madu untuk anak, sedikit coba kita lihat kandungan utama pada madu :

  1. Fruktosa

Fruktosa atau gula buah, adalah monosakarida yang ditemukan di banyak jenis tumbuhan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa, yang bisa langsung diserap ke aliran darah selama pencernaan. (Wikipedia)

Manfaat dari fruktosa ini adalah : Mendukung Metabolisme Tubuh, Mengendalikan Kadar Gula Darah, Mendukung Pembentukan Lemak dan Penyedia Tenaga.

  1. Glukosa

Manfaat dari glukosa ini adalah : Sebagai Penyedia Tenaga, Sebagai Pendukung Proses Metabolisme, Sebagai Bahan Bakar Otak, Memperbaiki dan Memulihkan Otot.

  1. Maltosa

Sebagai pereduksi gula bersama dengan laktosa

  1. Sukrosa

Sukrosa berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan lemak

  1. Air

Banyak sekali manfaat air bagi tubuh apalagi tubuh sebagian besar terdiri dari air.

  1. Vitamin

Vitamin sangat bermanfaat membantu tubuh dalam segala proses dan aktifitasnya.

Lalu selain dari kandungan nutrisi yang melimpah apa saja sih Manfaat dan Khasiat Madu untuk anak ? berikut beberapa point yang bisa kami rangkum :

  1. Dapat melancarkan fungsi pencernaan pada anak.
  2. Meningkatkan secara optimal perkembangan otak anak.
  3. Meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.
  4. Membantu menjaga keseimbangan asupan gizi anak
  5. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  6. Membantu Mencegah anak mengompol pada malam hari.

Berikut penjelasan dari masing – masing Khasiat dan Manfaat madu untuk anak di Atas :

  1. Dapat melancarkan fungsi pencernaan pada anak.

Kandungan fruktosa dan glukosa pada madu sangat baik untuk membantu proses metabolisme, dimana metabolisme yang baik juga akan melancarkan fungsi pencernaan. Selain itu madu memiliki kandungan kalium. Kalium mampu meningkatkan kinerja bagian pencernaan dan juga membentuk lapisan alkali yang membantu penyembuhan dari lambung yang terasa sakit.

  1. Meningkatkan secara optimal perkembangan otak anak.

Berbagai zat yang terdapat dalam madu berkhasiat bagi perkembangan otak anak, terutama glukosa atau zat gulu yang sangat dibutuhkan otak untuk melaksanakan fungsinya secara optimal.

  1. Meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.

Di dalam kandungan madu terdapat banyak sekali nutrisi seperti zat besi dan tembaga, dimana zat tersebut membantu meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.

  1. Membantu menjaga keseimbangan asupan gizi anak.

Madu kaya akan Vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini kadang tidak terdapat pada makanan yang dimakan oleh anak. Oleh karena itu dengan pemberian madu ini secara rutin dan teratur tentu akan membantu keseimbangan gizi anak. Ini membuat daya tahan tubuh meningkat dan mengoptimalkan pertumbuhannya.

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Beberapa penyakit yang sering diderita anak adalah, flu, demam, batuk dan pilek. Dengan rutin dan teratur meminum madu tentu akan mengurangi timbulnya penyakit di atas. Untuk anak yang sudah terkena sakit., madu mampu mempercepat pemulihannya.

  1. Membantu Mencegah anak mengompol pada malam hari.

Satu hal lagi dari keistemewaan madu ini adalah untuk mencegah anak mengompol pada malam hari. Madu dengan sifat hidroskopisnya mampu menyerap uap lembab udara. Levulosa dalam madu memiliki kemampuan untuk menarik uap gula dengan kuat. Kemampuan penyerapan madu ini telah diselidiki dalam roti dan kue kering. Yang berisi madu, yang akan tetap lembab dan memiliki rasa yang enak. Karena kemampuan madu untuk menyerap kelembaban maka dimanfaatkan untuk menarik dan menahan cairan dalam tubuh anak-anak pada waktu tidur, sehingga kebiasaan anak untuk mengompol dapat dikurangi bahkan tidak terjadi.

Untuk memaksimalkan daya serap ini, madu sebaiknya jangan disimpan dalam lemari es, tapi carilah tempat tidak terlalu hangat dan tidak terlalu lembab namun tertutup rapat.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat dari madu, yang tentu saja sayang untuk tidak kita manfaatkan sebagai anugerah Tuhan melalui alam. Memang untuk mendapatkan madu yang murni dan asli tentu tidaklah mudah. Bahkan kalau mencoba menternakkan lebah juga tidak semudah beternak ikan atau ayam.

manfaat dan khasiat madu antariksa untuk anak

Oleh karena itu kami rekomendasikan Madu Anak Antariksa, yang sudah terbukti khasiat dan manfaatnya dikarenakan keaslian madu dan kualitas bahan lainnya dijaga dengan ketat dan terstandar. Hal ini dilakukan agar khasiat dan manfaat dari madu ini bisa benar-benar dirasakan oleh anak.

Save

Apakah itu Madu Anak ?

Apakah itu Madu Anak ?

Pengertian Madu Anak

Madu anak adalah madu yang memang dibuat khusus untuk anak, dibuat dengan formulasi yang tepat sesuai dengan usia dan pencernaan anak.

madu anak murni

Secara spesifik madu anak adalah madu yang sudah dibersihkan dan dimurnikan. Maksudnya madu tersebut sudah terbebas  dari lilin atau sarang lebahnya termasuk kaki-kaki lebah yang kadang terdapat pada madu. Yang dikhawatirkan adalah dari sisa sarang dan kaki lebah tersebut membawa bakteri ketika lebah tersebut terbang mengambil sari bunga. Hinggap dari satu bunga atau pohon ke tempat lainnya.

Bakteri yang terdapat pada madu adalah clostridium botulinum. Bakteri spora ini bisa menyebabkan botulisme pada anak. Biasanya spora ini menyerang pencernaan anak yang belum sempurna yaitu ketika berusia di bawah 1 tahun. Oleh karena itu banyak dokter dan para ahli kesehatan anak menyarankan untuk memberikan madu pada anak di atas 1 tahun.

Lazimnya madu anak saat ini Madu anak rata-rata tidak hanya mengandung madu saja, tapi juga dikomposisikan dengan bahan lain yang memang sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan dan kesehatannya. Misalnya Albumin, Temulawak dan Gamat.

Ini tentu saja bagus untuk menambah vitamin yang dibutuhkan anak terutama dalam masa pertumbuhan. Jadi selain mendapatkan manfaat madu, juga mendapatkan manfaat dari kandungan lainnya.

Mengapa harus memberikan madu pada anak ?

Madu yang dihasilkan oleh lebah, dipersiapkan lebah untuk tumbuh dan berkembangnya anak lebah. Dengan madu ini anak lebah ternyata bisa tumbuh dengan cepat. Keistimewaan inilah yang membuat madu baik dikonsumsi anak.

Manusia sejatinya lahir dengan organ tubuh yang belum matang, misalnya otaknya masih berkembang, tangan dan kaki juga belum berkembang, ginjal dan livernya juga belum matang, saat tubuh anak masih dalam pertumbuhan bila diberi zat alami yang baik untuk memicu pertumbuhan, maka hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan zat kima seperti penambah nafsu makan, penambah berat badan dan lain sebagainya. Karena obat kimia tentu saja mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh terutama bagi anak-anak.

Anak anak pada umumnya sangat suka dengan yang manis. Madu dengan cita rasa manis yang alami rata rata disukai anak, belum lagi aroma  madu yang enak dan mengundang selera. Selain itu zat gula yang terdapat pada madu mudah diserap tubuh serta madu mengandung mineral, protein dan vitamin yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh dan perkembangan anak.

Intinya madu sebagai makanan pelengkap yang berasal dari alam dengan khasiat bermacam-macam. Selain baik untuk kesehatan juga bagus untuk kecerdasan atau perkembangan otak anak.

Manfaat madu bagi anak bisa dibaca pada tulisan ini : Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak

Cara Memberikan Madu Pada Anak

Madu sebagai makanan tambahan ataupun sebagai vitamin untuk anak biasanya diberikan 2x sehari dengan takaran 1-2 sendok teh. Bisa diminunkan langsung atau dicampur dengan air putih, sebelum makan.

Jangan memberikan madu secara berlebihan. Karena tentu saja dampaknya tidak baik. Karena segala sesuatu yang berlebihan termasuk makanan tentu berakibat tidak baik.

Madu juga bisa diberikan sebagai penambah cita rasa pada makanan anak, misalnya sebagai selai pada roti anak untuk sarapan. Atau sebagai rasa dari cemilan anak.

Madu Anak yang direkomendasikan

Setelah membaca tulisan di atas tentang madu anak, lalu madu anak apa yang direkomendasikan dan sesuai dengan tulisan di atas ?

Kami menyarankan MADU ANAK ANTARIKSA, tidak hanya sebagai promosi produk, kami juga mencoba mengedukasi orang tua tentang product knowledge madu anak.

Jenis ProdukMadu Anak
Merk ProdukAntariksa
Isi175ml
Bentuk KemasanBotol Plastik
KomposisiMadu Murni, Ekstrak Temulawak, Ekstrak Ikan Gabus, Ekstrak Teripang
ProdusenCV An-Nur
LegalitasP-IRT No. 2093275010580-21
Aturan Pakai2x sehari 1 sendok makan
AnjuranDapat diminum sebelum atau sesudah makan dan perbanyak minum air putih
HargaRp 90.000
Kode ProdukRAMS

Banyak sekali produk madu anak yang dijual online maupun di toko toko. Rata rata hanya menjual produknya tidak memberikan edukasi akan produk dan bahannya.

Belum lagi beberapa produk tidak memiliki sertifikasi kesehatan dan kehalalan, ini tentu sangat mengkhawatirkan. Berikut kami sertakan juga link video dari youtube tentang madu anak :

Oleh karena itu silahkan kunjungi website Madu Anak Antariksa dan silahkan lihat dan pelajari apa saja manfaat dan kelebihan produk ini. Terima Kasih dan Salam Sehat.

Save

8 Alternatif Solusi Mengatasi Anak Susah Makan

8 Alternatif Solusi Mengatasi Anak Susah Makan

Apakah anda selaku orang tua mengalami perilaku anak susah makan ? anda merasa stress dan bingung dalam menerapkan pola makan sehat terhadap buah hati ? Apakah anak anda menolak untuk makan makanan sehat hanya mau makan nugget saja ? atau hanya makan makanan lain yang itu-itu saja ? (picky eater) ?

anak malas makan dan anak susah makan

Jika itu yang anda alami, maka anda tidak sendirian.  Hampir semua orang tua pernah mengalaminya. Hal ini sering terjadi pada masa tumbuh kembangnya anak biasanya pada usia 2 tahun. Namun yang menjadi kekhawatiran adalah kebiasaan ini terus berlanjut yang tentu saja akibatnya anak kekurangan makanan yang bergizi yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya.

Coba anda pertimbangkan berbagai tips berikut sebagai alternatif solusi bagaimana cara mengatasi anak susah makan :

  1. Makan bersama seluruh anggota keluarga.
  2. Disiplin dan teratur dalam menjadwalkan waktu makan
  3. Jadikan makan sebagai waktu yang asik bagi anak.
  4. Tumbuhkan sugesti positif pentingnya makan
  5. Buat makanan semenarik mungkin bagi anak.
  6. Sekali waktu Ajak anak dalam proses penyiapan makanan
  7. Perhatikan minuman anak
  8. Tambahkan vitamin anak.

Mari Kita bahas satu persatu tips di atas :

  1. Makan bersama seluruh anggota keluarga

Di era modern saat ini, sudah lumrah dalam mencari nafkah keluarga tidak hanya menjadi tanggung jawab ayah, sang istri pun turut bekerja mencari nafkah tambahan. Mungkin ini tidak menjadi masalah jika pagi dan sore hari seluruh anggota keluarga bisa berkumpul bersama.

Tapi tidak jarang kadang suami dan isteri sibuk dengan jadwal masing-masing, hanya hari sabtu/minggu saja mereka dapat berkumpul bersama.

Tanpa kita sadari ini membawa dampak yang tidak baik bagi psikologis anak termasuk ke pola makannya. Anak hanya makan bersama asisten rumah tangga yang kadang menyuapi sang buah hati dengan menyambi melakukan pekerjaan lain. Dalam pikiran anak makan bukanlah sesuatu yang istimewa dan harus dilakukan.

Karena itu cobalah luangkan waktu minimal 1x sehari untuk makan bersama anggota keluarga. Jadikan acara makan bersama menjadi acara yang mengasyikan, untuk saling berbagi cerita dan mengetahui kegiatan masing-masing.

Ini sekaligus sebagai wadah bagi orang tua untuk mengetahui pola makan anak dan makanan apa yang disukai atau pun tidak. Disinilah peran orang tua untuk memberi pengertian dan penjelasan yang baik tentang pentingnya makanan.

makan bersama untuk mengatasi anak susah makan

Secara alamiah anak adalah peniru yang ulung. Jika makan dilakukan bersama-sama, maka anak yang susah makan pun akan meniru perilaku anggota keluarga lain yang makan makanan yang dihidangkan. Ini tentu membantu kebiasaan anak yang susah makan.

  1. Disiplin dan teratur dalam menjadwalkan waktu makan

Anak yang sudah berumur di Atas 2 tahun sebaiknya mulai dibiasakan makan 3x sehari, dan disertai dengan selingan makan makanan ringan 1 atau 2x.

teratur dalam menjalankan waktu makan

Kebiasaan makan ini harus dijadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Selain untuk membiasakan pola makan anak, juga membiasakan tubuh nya untuk melakukukan kegiatan tersebut. Tubuh dalam hal ini organ pencernaan apabila sudah dijadwalkan waktu makannya, maka secara otomatis juga akan memberikan respon yang sama disetiap waktunya.

Kunci dari tips ini adalah disiplin. Kadang anak selepas pulang bermain merasa lelah atau ngantuk dan ingin tidur. Namun jika itu waktunya mereka harus makan sebaiknya tetap diberi makanan, dengan menyiasatinya memberi porsi yang lebih sedikit.

  1. Jadikan makan sebagai waktu yang spesial bagi anak.

Tanamkan ke anak jika waktu makan adalah waktu yang spesial. Karena ini waktu yang spesial atau istimewa maka saat makan anak tidak dibiasakan dengan nonton tv atau memainkan gadgetnya atau membawa mainannya. Namun bukan berarti ini menjadi hal yang membosankan, sambil makan anak bisa dikenalkan dengan nama dan tekstur makanannya, anak di ajak mengecap rasa setiap makanan, ajak juga diskusi bagaimana bentuk makanan yang diinginkannya. Saat ini bisa juga dijadikan saat untuk mengekplorasi apa yang diinginkan dan apa yang tidak diinginkan anak terhadap makanan.

  1. Tumbuhkan sugesti positif pentingnya makan

Disaat makan bersama atau disaat anak makan sendiri (point 3) anda bisa juga membangun energi positif ke anak tentang makanan.

Ceritakan bagaimana dulu anda waktu kecil sangat suka dengan makanan tertentu, dan anda makan hingga sekarang, dan ternyata makanan itu bermanfaat buat anda.

Atau bisa juga kita tunjukkan kalo kita sangat senang kalo anak makan makanan yang bergizi dan menghabiskan makanan yang dimakan oleh anak. Karena bisa jadi anak susah makan karena memang kita tidak pernah memperhatikan dan memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan anak.

  1. Buat makanan semenarik mungkin bagi anak.

Rasa bosan adalah hal yang sering terjadi pada anak-anak. Ini tentu berlaku juga dengan makanan. Jika anda melihat anak sudah merasa bosan dengan makanan yang dia biasa makan, maka segera lakukan alternatif pilihan. Misalnya :

  • Buat lah menu yang menarik dengan bentuk dan cita rasa yang disenangi anak. Rasa ingin tahu anak bisa mengalahkan kebosanannya. Disini kreatifitas orang tua sangat dibutuhkan. Carilah literatur menu makanan dan bentuk makanan yang disukai anak-anak.
  • Sekali-kali ajak lah anak untuk makan di luar, pilihlah tempat makan yang memang menyajikan makan bergizi dan suasana yang menyenangkan bagi anak.
  1. Sekali waktu Ajak anak dalam proses penyiapan makanan

Tips ini patut dicoba oleh orang tua, manfaatkan rasa ingin tahu anak yang besar dengan mengajaknya membantu menyiapkan makanan.

  • Ajak anak berbelanja bahan makanan
  • Walau kadang malah membuat repot, tapi tidak ada salahnya anak juga di ajak membantu di dapur, berikan porsi yang bisa dilakukan, perhatikan juga faktor keamanan dan kebersihan. Kegiatan ini juga membantu mengakrabkan orang tua dan anak, tidak ada salahnya saling bercanda.
  • Ajak juga anak menata makanan dan menghidangkan makanan di meja makan.

menyiaapkan makanan bersama anak

Aktivitas tersebut di atas dapat bisa menumbuhkan rasa empati anak dan mendorong perilaku positif terhadap makanan. Sekaligus menambah pengetahuannya dan mengeksplorasi bakat dan minat anak.

  1. Perhatikan minuman anak

Minum sangat dibutuhkan bagi tubuh dalam membantu mencerna makanan sekaligus memberikan mineral penting. Kadang minum menjadi hal yang diabaikan anak setelah makan, anak hanya minum ala kadarnya yang kadang sangat kurang sekali jumlahnya.

Selain itu perhatikan juga minuman yang diminum ada diluar waktu makannya. Kadang kebanyakan minum susu atau jus, juga berakibat anak menjadi kenyang dan malas untuk makan. Atur juga waktu anak minum minuman selain air putih. Jangan sampai terlalu berlebihan.

  1. Tambahkan vitamin anak.

Pemberian vitamin sangat diperlukan, terutama bagi anak yang susah makan, karena anak yang malas makan tentu saja asupan gizi dan vitaminnya juga sedikit, hal ini akan mengganggu proses tumbuh kembangnya atau mungkin mengakibatkan anak sakit.

Yang perlu menjadi perhatian adalah vitamin apa yang boleh dan baik bagi anak-anak. Alam sebenarnya banyak memberikan alternatif pilihan vitamin alami bagi anak. Diantaranya madu.

Madu sudah dikenal manusia sejak dahulu kala sebagai vitamin yang sangat baik bagi tubuh manusia. Berikan madu kepada anak setiap pagi dan sore hari untuk menambah vitaminnya. Hati –hati dalam memilih madu buat anak. Berikan madu yang sudah tersertifikasi dan kualitasnya memang baik.

Kami memberikan rekomendasi Madu Anak Antariksa, dimana kandungannya sangat dibutuhkan anak, terutama bagi anak susah makan. Karena madu antariksa mengandung madu untuk daya tahan tubuhnya, temulawak untuk meningkatkan nafsu makannya, albumin dan gamat untuk kebutuhan protein dan gizinya.

madu antariksa anak susah makan

Demikian sedikit alternatif yang bisa diterapkan dalam menyikapi anak yang susah makan. Mudah mudahan bisa bermanfaat dan menjadikan sang buah hati selalu sehat dan ceria.

5 Sumber Kalsium yang Bagus untuk Anak

Kalsium merupakan vitamin yang setiap individu butuhkan, bahkan mulai dari bayi dalam kandungan ibu sudah memberi bayinya susu yang mengandung kaya gizi dan pastinya tinggi kalsium. Ketika bayi dilahirkan pun sudah membutuhkan kalsium dari ASI. Hal ini membuktikan bahwa manusia tak bisa lepas dari yang namanya kalsium.

Namun, kalsium yang seperti apa yang baik bagi anak Anda? Dengan meningkatnya kebutuhan akan kalsium, maka kalsium pun di jual dimana-mana baik dari produk susu, biskuit, sereal, dan masih banyak lainnya. Nah, apakah ibu yakin semua kalsium yang ada di pasaran merupakan kalsium yang bagus untuk anak?

Daftar Kalsium yang Bagus untuk Anak

Berikut merupakan makanan atau minuman yang mengandung kalsium bagus yang bunda bisa masukan dalam pilihan menu anak anda :

1. Susu UHT
Anda bisa kenalkan sejak dini susu UHT kepada anak Anda. Susu UHT merupakan susu segar atau Ultra High Temperature yang murni dari susu sapi asli dalam kemasan. Susu ini merupakan susu yang setelah diperah dari sapi lalu dipanaskan dalam suhu 140 derajat celcius, dengan tujuan ketika dikemas segala nutrisi yang terkandung tidak rusak.

2. Ikan sarden
Tak hanya kaya akan omega 3 yang baik bagi kecerdesaan anak, namun juga kaya akan mineral dan vitamin. Dalam kemasan satu kaleng saja sarden sudah mengandung 350 mg kalsium yang baik bagi tumbuh kembang anak.
Nah, dengan begitu banyak sekali manfaat yang akan diterima tubuh anak Anda bila mengkonsumsi sarden. Di antaraya mencegah penyakit jantung, memberi kepadatan pada tulang dan gigi yang mana sekaligus dapat mencegah osteoporis, selain itu sarden juga dapat menjaga berat badan anak Anda tetap ideal.

3. Kacang kedelai
Kacang kedelai dikenal kayak akan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh terutama bagus bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Tak hanya kaya akan vitamin, fosfor, magnesium, kacang kedelai juga diperkaya kalsium dengan kandungan sekitar 277 mg.
Manfaat yang bisa didapat banyak sekali di antaranya meningkatkan kesehatan tulang dengan kandungan gizi yang tinggi. Kacang ini mampu meningkatkan osteotropika yang mampu mempercepat pertumbuhan tulang baru dan memperbaiki tulang yang rusak.
Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan kandungan proteinnya yang tinggi yang dapat membentuk sel baru bila ada sel yang rusak dalam tubuh anak Anda.

4. Buah jeruk
Selain kaya akan vitamin C buah jeruk juga kaya akan kalsium yang dikandungnya. Kalsium inilah yang nantinya akan memperkuat tulang anak. Ditambah lagi peran kolagen yang cukup dalam buah jeruk dapat membantu memperkuat tulang anak Anda. Jadi, tidak hanya kalsium yang berperan memperkuat tulang anak, vitamin C pun juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si kecil.
Sayangnya terkadang anak-anak tidak suka makan buah. Jadi bunda bisa mengkreasikannya mungkin dengan membuatkan jus buah, atau mengupas satu persatu buah jeruk lalu membentuknya seperti muka, atau boneka. Dengan begitu asupan kalsium dan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk bisa dikonsumsi secara alami anak tanpa harus menggunakan obat atau suplemen.

5. Brokoli
Sayuran yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang sering dijauhi anak-anak. Padahal sayuran yang satu ini sangat kaya akan gizi yang dibutuhkan anak, terutama dalam masa pertumbuhan.
Brokoli mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin K dan juga Kalsium yang tinggi. Peran vitamin K sendiri berfungsi memberi kepadatan tulang,dan memperkuat tulang.
Ditambah lagi vitamin K dapat membantu pengoptimalan penyerapan kalsium dalam tubuh. Yang mana kalsium berperan sangat penting dalam pertumbuhan tulang hingga pencegahan osteoporosis. Jadi bisa dipastikan bunda, bahwa brokoli memiliki kalsium yang bagus untuk anak.

Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Perlunya Vitamin Untuk Kekebalan Tubuh Anak

Setiap hari tentunya anak akan berinteraksi dengan berbagai orang dan benda-benda disekitarnya. Hal ini tentu saja kan membuat anak mudah terpapar berbagai jenis bakteri dan virus yang bisa menjadikan anak sakit. 

Untuk sebagian anak akan mendapatkan kekebalan dari tubuhnya untuk melawan berbagai virus dan bakteri tersebut. Namun tidak sedikit anak yang buruk kekebalan tubuhnya sehingga mudah sekali sakit.

Hal ini diperparah jika anaknya susah makan. Dimana makanan yang menjadi sumber utama tubuh untuk mendapatkan vitamin asupannya juga sedikit.

Jika hal ini terjadi pada anak anda, kami berikan solusi alami yang sudah terbukti mampu tingkatkan kekebalan tubuh anak, sehingga anak tidak gampang sakit

  • Alami - Terbuat dari 4 Bahan Alami Terbaik
  • Aman - Diformulasikan khusus untuk anak usia 1-15 Tahun
  • Kaya Vitamin & Mineral
  • Bermanfaat untuk Imunitas/daya tahan tubuh, Pertumbuhan dan Kecerdasan Anak

Mengapa Madu Antariksa ?

  • Mengandung 4 Bahan Alami Terbaik

1. Madu Murni

Madu sudah dikenal banyak sekali manfaatnya terutama untuk anak. Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh anak, Namun juga baik untuk kecerdasan dan pertumbuhan. Namun saat ini banyak sekali madu yang dijual dengan kualitas buruk bahkan palsu. Hal ini tentu saja khasiat dari madu yang diharapkan tidak dapat diperoleh maksimal. Kami menjamin, kualitas madu kami adalah yang terbaik karena kami mendapatkan madu nya dari peternak yang menjadi mitra kami. Kualitas sari bunga yang menjadi sumber makanan lebah sangat dijaga. Sehingga hasil madu yang didapat juga sangat berkualitas.

2. Temulawak

temulawak madu

Tanaman asli Indonesia ini sejak dahulu sudah dipercaya menjadi ramuan pendamping berbagai olahan herbal. Hampir semua olahan herbal menggunakan temulawak sebagai salah satu bahannya. Manfaat utama temulawak adalah sebagai antioksidan yang terdapat dari zat curcumin yang ada pada temulawak. Kemampuan ini yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat ini kami mengolah temulawak ini dengan teknologi modern sehingga hasil yang didapatkan juga berupa ekstrak yang sudah murni zat yang benar benar bermanfaat untuk tubuh. Tidak lagi mengandung ampas atau sisa yang tidak bermanfaat.

3. Ikan Gabus

Siapa sangka ikan gabus ini memiliki keistimewaan dibanding makanan lain. Kandungan protein ikan gabus lebih tinggi dibanding telur ayam, daging ayam dan daging sapi dan istimewanya lagi kandungan proteinnya lebih mudah dicerna oleh bayi dan anak-anak. Selain itu ikan gabus mengandung albumin yang sangat kaya, dimana albumin ini membantu membentuk dan memperbaiki sel jaringan tubuh. penelitian menunjukkan balita yang diberikan albumin ikan gabus ini lebih cepat meningkat berat badannya dan perkembangan otaknya.

4. Gamat Emas

madu gamat

Lebih dikenal dengan teripang laut. Makhluk ajaib ini setelah dilakukan penelitan mampu menjadi obat serba guna dan sekaligus sebagai antiseptik alami. Gamat juga memilik kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang anak. Kaya akan omega 3, 6 dan 9 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak dan kecerdasan anak. Jika dikonsumsi secara teratur akan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dari berbagai penyakit, termasuk membantu mengatasi alergi.

 

  • Multi Manfaat.
    Kombinasi 4 bahan alami terbaik ini, menjadikan madu antariksa tidak hanya sebagai vitamin biasa tapi multivitamin yang memberikan banyak manfaat.
  • Madu Antariksa diolah dengan teknologi modern dan berstandar kesehatan nasional. Sehingga produk ini sangat layak dan aman dikonsumsi anak-anak.
  • Madu Antariksa memiliki rasa yang sangat disukai anak-anak, sehingga mudah dikonsumsi anak.

Testimoni Madu Antariksa
Untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Informasi Produk

  • Harga Rp 85.000,-
  • Isi 175ml
  • P-IRT No. 2093275010580-21
  • Aman, Alami, Halal & 100% Indonesia

Ayo pesan segera...!

Silahkan klik salah satu tombol di bawah ini :

Jangan tunda lagi, tingkatkan daya tahan tubuh anak lebih optimal dengan

Cara Mengatasi Diare Pada Anak Balita

Bagaimana cara mengatasi diare pada anak balita yang tepat?

Diare merupakan meningkatnya buang air besar dalam kondisi fasesnya berair atau encer tidak seperti biasanya. Tetapi kadang diare bisa terjadi karena tubuh sedang mengeluarkan racun, bakteri dan virus yang masuk kedalam pencernaan manusia.

Diare yang berkepanjangan dapat menyebabkan dehidrasi akut dan menyebabkan kematian khususnya pada balita. Terlebih lagi jika balita itu usianya di bawah 1 tahun, mereka akan sulit disuruh mengkonsumsi cairan. Maka hal itu yang menyebabkan balita di usia tersebut sangat mudah mengalami dehidrasi saat diare.

anak sakit diare

Penyebab utama terkena diare adalah virus, bakteri, parasit, intoleransi, alergi terhadap suatu jenis makanan, hingga sampai gangguan pencernaan. Selain itu, keracunan makanan, mengkonsumsi air yang tidak bersih, antibiotik dan jenis- jenis obat tertentu juga dapat menyebabkan diare. SEseorang yang mengalami stress secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya diare.

Apabila diare itu tegolong ringan, maka Anda dapat mengatasi diare pada anak sendiri dirumah. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi diare yang aman dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

1. Anak jangan Sampai Mengalami Dehidrasi

Hal yang perlu digaris bawahi saat anak menderita diare yaitu hindarkan anak jangan sampai mengalami dehidrasi. Karena yang sering terjadi saat ini yaitu anak- anak sering mengalami dehidrasi. Jika berkelanjutan maka tubuh anak tersebut akan merasa lemas dan hal itu dapat menyebabkan kematian.

2. Hindari Mengkonsumsi Jus Buah

Agar anak tidak mengalami dehidrasi, Anda dapat memberikan air putih, memberikan makan dengan sayuran yang berkuah seperti sop. Tetapi sebaiknya minuman jus buah malah justru dihindari karena dapat menyebabkan diare menjadi lebih parah.

3. Melakukan Diet BRAT

Cara mengatasi diare pada anak menurut American Academy of Pediatrics yaitu dengan melakukan diet BRAT (banana, rice, applesauce an toast) itu artinya melakukan diet BRAT untuk buah hati Anda yang menderita diare. Karena pisang, nasi, pure apel dan roti panggang tanpa menggunakan selai itu sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak akan mengganggu sistem pencernaandalam tubuh.

Buah pisang sendiri mengandung potassium yang sangat bermanfaat untuk penderita diare. Kandungan potassium pada pisang bisa menggantikan elektrolit pada tubuh si anak selama mengalami diare yang dapat menyebabkan badan anak menjadi lemas.

Kemunculan dehidrasi dapat dilihat jika anak dengan ditandai badannya terlihat lemas, wajah pucat, bibir kering dan mata cekung. Balita usia dibawah 6 bulan lebh beresiko mengalami dehidrasi saat mengalami diare. Apabila anak masih minum ASI sebaikya sesering mungkin di berikan ASI agar balita tidak mengalami dehidrasi.

Waspadai jika balita Anda mengalami dehidrasi berat seperti penurunan kesadaran, wajah terlihat pucat, mengalami sesak nafas, muntah, kaki dan tangan terlihat dingin, jarang atau tidak pernah buang air kecil. Maka sebaiknya Anda segera membawa anak ke Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan tenaga medis dengan segera.

Karena dokter di Rumah Sakit akan segera memberikan cairan melalui infus sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi diare pada anak agar kondisi anak tidak semakin memburuk. Setelah itu, biasanya dokter akan memeriksa anak dan memastikan apa yang menjadi penyebab diare. Setelah mengetahui penyebabnya, maka dokter akan memberikan resep obat dan dosis yang harus di konsumsi.

Biasanya obat yang dianjurkan untuk mengatasi diare pada anak yaitu Larutan Rehidrasi Oral. Obat ini berfungsi untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang pada tubuh. Larutan ini tidak berfungsi untuk menghentikan diare tetapi menggantikan cairan yang hilang bersama fases saat buang air besar. jadi berikan larutan ini setelah anak buang air besar atau muntah. Selain itu dokter akan memberikan obat antibiotik, anti diare dan prebiotic.

Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat

Bermain merupakan salah satu proses belajar bagi seorang anak. Untuk itu, memilih mainan anak yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan proses tersebut.

Aktivitas apa yang paling banyak dilakukan anak Anda ketika siang hari? Apakah anak Anda senang menonton TV, bermain, atau tidur? Kapan kita berbeda-beda, yang paling baik adalah bermain. Perlu kita ketahui, jika bermain merupakan salah satu proses belajar pada anak-anak. Melalui bermain, anak-anak akan mengenal dunia.

mainan anak

Cara Memilih Mainan Anak yang Tepat

  1. Pilihlah jenis mainan yang tepat

Ketika membeli mainan untuk anak Anda, langkah pertama yaitu pilihlah mainan yang tepat untuk anak Anda. Dalam artian, mainan yang Anda pilih sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak.

Misalnya, anak Anda memiliki usia diatas 6 bulan, apakah Anda bisa memberikan mainan yang memiliki warna cerah serta mengeluarkan bunyi. Beberapa anak sangat suka jenis mainan seperti ini karena bisa melatih indra penglihatan dan pendengarannya.

  1. Mainan yang bisa meningkatkan logika berpikir serta kreativitas anak

Anak Anda bisa menjadi anak yang cerdas jika Anda bisa memilih mainan anak yang tepat. Melatih anak sejak kecil, dengan mengasah kreativitas anak. Ada bisa memberikan mainan seperti puzzle.

Saat ini sudah banyak sekali tersedia beragam jenis permainan puzzle berbentuk sederhana hingga rumit. Anda bisa memilih jenis permainan ini sesuai dengan usia anak Anda. Dengan bermain puzzle anak Anda akan berlatih memecahkan teka-teki berita secara otomatis akan membentuk logika berpikirnya.

  1. Pilihlah mainan yang memiliki warna cerah

Pertimbangan adanya ketika memilih mainan untuk anak Anda, pilihlah mainan yang berwarna cerah. Dalam hal ini, memilih mainan berwarna cerah serta kontras bisa merangsang perkembangan anak. Mainan yang berwarna warni akan menarik bagi anak.

Bukan hanya itu saja, anak akan mudah mengerti serta hafal dengan warna tersebut. Dengan memberi mainan berwarna cerah, secara tidak langsung juga mengajarkan konsep warna kepada anak.

  1. Belilah mainan yang mudah dicuci

Jenis mainan yang mudah dicuci tentu akan sangat membantu Anda dan bisa juga menjaga kesehatan anak Anda. Tentu Anda  semua sangat paham jika mainan tentu akan mudah terkena bakteri dan kuman. Untuk menghindari bahaya tersebut sebaiknya Anda memilih jenis mainan yang mudah dicuci.

Anak yang masih kecil atau bayi selalu memasukkan mainannya ke mulut. Dengan demikian, maka memilih mainan yang mudah dicuci merupakan salah satu langkah tepat untuk menjaga, atau menghindari bahaya kuman yang menempel di mainan.

  1. Hindari mainan yang memiliki tali

Tali, benang, atau pita merupakan salah satu benda yang bisa membahayakan anak Anda. Hal ini dikarenakan, benda tersebut bisa menyebabkan terlilit pada leher, dan mencekik anak Anda.

Untuk itu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka, beli mainan tanpa tali atau pita merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih mainan yang tidak mengandung bahan berbahaya

Berhati-hati ketika sedang membeli mainan. Sebelum memastikan untuk membeli mainan, terlebih dahulu lihatlah  bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut. Pastikan bahan yang digunakan merupakan bahan yang aman, sehingga tidak membahayakan kesehatan anak Anda.

  1. Perhatikan bentuk mainan yang akan dibeli

Meskipun menggunakan bahan plastik, tidak semua jenis mainan memiliki quality control yang baik. terdapat beberapa mainan yang memiliki sudut sisa plastik yang tajam. Jangan sampai mainan yang Anda pilih merupakan mainan yang memiliki ujung runcing. Ujung runcing ini bisa berbahaya karena bisa melukai kulit.

Waspada Demam Berdarah pada Anak dengan Mengenali Gejala dan Ciri nya

Memasuki musim pancaroba maka sering kita dengar kejadian demam berdarah (DBD). Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya, karena jika tidak segera ditangani akan berdampak kematian.

Anak-anak sangat rentan terkena demam berdarah ini, karena itu ada baiknya sebagai orang tua kita mesti mengenali gejala dari demam berdarah ini. Simak penjelasan berikut ini :

  1. Gejala umum demam berdarah yang bisa langsung terdeksi adalah terjadinya demam yang muncul mendadak dengan disertai sakit kepala, nyeri pada bagian belakang bola mata dan mual.
  2. Terjadi pendarahan pada gusi atau mimisan disertai juga adanya rona kemerahan pada permukaan tubuh.
  3. Gejala yang sering muncul juga adalah demam yang disertai kejang. Demam dengan suhu tinggi biasanya juga diikuti kejang pada anak. Kita hal ini terjadi sebaiknya langsung dilakukan pengecekan trombosit.
  4. Adapun gejala lain yang perlu menjadi perhatian adalah diare. Keluhan diare yang disertai dengan panas tinggi wajib diwasapadai sebagai gejala demam berdarah. Segera lakukan pengecekan trombosit. Ketika diare menyerang wajib berikan asupan cairan yang terus menerus jangan sampai anak dehidrasi.
  5. Pada kasus tertentu yang lebih berat, anak mengalami sakit perut. Keluhan sakit perut biasanya cepat sembuh, namun setelah sembuh 1-2 hari kemudian anak akan mengalami keluhan sakit perut kembali dan cenderung lebih berat.

Demikian hal-hal yang perlu diwaspadai orang tua, agar segera merespon jika gejala-gejala di atas terjadi maka segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Selain mengantisipasi hal di atas, tentu ada baiknya kita mencegah datang dan berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegypti sebagai biang keladi penyebaran DBD ini. Ada beberapa upaya yang perlu dilakukan untuk pencegahan demam berdarah ini.

  1. Lakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras dan menutup rapat penampungan air.
  2. Barang bekas yang sudah tidak terpakai yang merupakan potensi menjadi sarang nyamuk ades aegypti dapat dikubur atau di daur ulang.
  3. Lakukan penaburan bubuk Larvasida pada tempat-tempat penampungan air yang sekiranya sudah untuk dibersihkan atau tidak mungkin untuk dibuang.
  4. Jika perlu gunakan obat nyamuk atau kelambu saat tidur, terutama di pagi hari.
  5. Jika terdapat kolam ikan, baiknya juga pelihara ikan yang juga bisa memangsa jentik nyamuk.
  6. Tidak ada salahnya juga lakukan penanaman tanaman pengusir nyamuk seperti lavender.
  7. Pakaian yang tergantung sebaiknya sering diturunkan atau lebih baik dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari pakaian.
  8. Terakhir, usahakan agar cara matahari cukup masuk ke dalam rumah serta aliran atau ventilasi udara di atur agar suasana dalam rumah tidak lembab.

Kita tentu tidak ingin anggota keluarga menjadi korban dari penyakit demam berdarah ini, waspada akan gejala dan lakukan tindakan pencegahan adalah wujud nyata kita sayang dan peduli pada diri dan keluarga.