Yakin Anak Anda Punya Ciri Anak Cerdas ?

Ciri anak cerdas adalah dambaan banyak orang tua. Berbagai cara akan mereka berikan agar anak yang mereka kasihi bisa tergolong cerdas. Anak atau balita yang cerdas dan jenius biasanya hanya terlihat di mata orang tuanya saja. Namun tidak dipungkiri memang sudah ada anak yang cerdas dan berbakat sejak lahir. Anda sebagai orang tua harus mencari tahu apakah anak Anda tergolong anak yang cerdas atau tidak.

Petunjuk atau Ciri Anak Cerdas

Selalu Mengumpulkan Informasi dengan Detail
Anak yang memiliki ciri anak cerdas akan selalu detail apabila mendengarkan sesuatu. Mereka adalah anak yang memiliki intelegensi dan mampu menangkap berbagai informasi dan akan menceritakan kembali suatu saat. Peribahasa yang mengatakan “Masuk kuping kanan keluar kuping kiri”, yang biasanya terlihat umum bagi semua anak-anak kini tidak berlaku pada anak Jenius. Karena mereka mampu merekam informasi yang mereka dapat diceritakan kembali.

anak cerdas

Ketertarikan Pada Berbagai Bidang
Ciri anak cerdas pada umumnya selalu menampakkan ketertarikan yang terhadap berbagai macam topik. Mereka adalah anak yang tertarik tidak hanya pada permukaan bidang saja tetapi mereka juga akan mendalami bidang yang membuat ketertarikan pada dirinya. Jika mereka sudah menyukai suatu hal, mereka akan mempelajari segala hal dengan detail sampai mahir dan merasa puas.

Mampu Mendengarkan Orang Lain
Apabila anak Anda adalah anak yang cerdas, anak Anda akan mampu untuk memahami dan mendengar orang lain. Sifat ini ada sejak mereka berusia dini hingga dewasa tanpa diminta, sifat ini tumbuh dengan alamiah. Anak yang cerdas pada umumnya adalah anak yang tidak banyak bicara, dan mereka akan berbicara apabila diperlukan. Pepatah “Tong Kosong Nyaring Bunyinya” sepertinya benar, karena anak cerdas dan penuh wawasan cenderung diam.

Mempunyai Bakat Pada Bidang Seni
Terdapat anggapan bahwa anak-anak yang menampilkan bakat luar biasa di bidang seni dan musik, terkadang dipercaya sebagai anak yang diberkati. Anak yang mampu menggambar sesuatu hal dengan jelas dan mampu membuat garis yang sempurna serta anak yang mampu menggambarkan tingkat pemahaman akan seni yang tinggi pada umumnya termasuk kategori anak-anak berbakat dan cerdas.

Konsentrasi yang Tinggi dan Sungguh-sungguh
Banyak anak dikenali cirinya melalui tingkat konsentrasi yang dimiliki. Anak biasanya tidak suka untuk berkonsentrasi dengan lama. Namun berbeda jika anak Anda termasuk anak yang suka berkonsentrasi atau memiliki ketertarikan terhadap sesuatu dengan jangka waktu cukup yang lama, maka anak Anda bisa dikatakan sebagai anak cerdas.

Memiliki Memori Bagus
Beberapa Anak yang cerdas adalah mereka yang memiliki daya ingat atau memori yang bagus. Mereka akan mampu untuk mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka masih kecil. Hal ini bisa dicontohkan sebagai berikut, misalnya anak umur dua tahun yang mampu mengingat serta menceritakan kembali kejadian yang ia alami pada umur 18 bulan.

Berbicara dengan Kosa Kata yang Bagus
Anak yang mampu berbicara pada saat usia dini mungkin bukan termasuk dalam tanda-tanda anak yang cerdas. Namun apabila anak Anda mampu berbicara dengan menggunakan kosakata dan menggunakan kalimat yang maju. Tanda tersebut membuktikan bahwa anak Anda benar anak yang cerdas seperti yang Anda pikirkan.

Perhatian yang Detail
Anak yang cerdas memiliki perhatian terhadap yang detail. Bagi anak yang lebih tua rasa ingin tahunya tinggi dan secara spesifik mereka akan mempelajari bagaimana cara kerja sesuatu benda. Sedangkan anak yang lebih kecil, mereka punya rasa tanggung jawab yang tinggi dan mereka akan mampu mengembalikan kembali barang ke tempat semula. Jika anak Anda seperti itu maka ia memiliki ciri anak cerdas.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *