fbpx

5 Sumber Kalsium yang Bagus untuk Anak

Kalsium merupakan vitamin yang setiap individu butuhkan, bahkan mulai dari bayi dalam kandungan ibu sudah memberi bayinya susu yang mengandung kaya gizi dan pastinya tinggi kalsium. Ketika bayi dilahirkan pun sudah membutuhkan kalsium dari ASI. Hal ini membuktikan bahwa manusia tak bisa lepas dari yang namanya kalsium.

Namun, kalsium yang seperti apa yang baik bagi anak Anda? Dengan meningkatnya kebutuhan akan kalsium, maka kalsium pun di jual dimana-mana baik dari produk susu, biskuit, sereal, dan masih banyak lainnya. Nah, apakah ibu yakin semua kalsium yang ada di pasaran merupakan kalsium yang bagus untuk anak?

Daftar Kalsium yang Bagus untuk Anak

Berikut merupakan makanan atau minuman yang mengandung kalsium bagus yang bunda bisa masukan dalam pilihan menu anak anda :

1. Susu UHT
Anda bisa kenalkan sejak dini susu UHT kepada anak Anda. Susu UHT merupakan susu segar atau Ultra High Temperature yang murni dari susu sapi asli dalam kemasan. Susu ini merupakan susu yang setelah diperah dari sapi lalu dipanaskan dalam suhu 140 derajat celcius, dengan tujuan ketika dikemas segala nutrisi yang terkandung tidak rusak.

2. Ikan sarden
Tak hanya kaya akan omega 3 yang baik bagi kecerdesaan anak, namun juga kaya akan mineral dan vitamin. Dalam kemasan satu kaleng saja sarden sudah mengandung 350 mg kalsium yang baik bagi tumbuh kembang anak.
Nah, dengan begitu banyak sekali manfaat yang akan diterima tubuh anak Anda bila mengkonsumsi sarden. Di antaraya mencegah penyakit jantung, memberi kepadatan pada tulang dan gigi yang mana sekaligus dapat mencegah osteoporis, selain itu sarden juga dapat menjaga berat badan anak Anda tetap ideal.

3. Kacang kedelai
Kacang kedelai dikenal kayak akan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh terutama bagus bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Tak hanya kaya akan vitamin, fosfor, magnesium, kacang kedelai juga diperkaya kalsium dengan kandungan sekitar 277 mg.
Manfaat yang bisa didapat banyak sekali di antaranya meningkatkan kesehatan tulang dengan kandungan gizi yang tinggi. Kacang ini mampu meningkatkan osteotropika yang mampu mempercepat pertumbuhan tulang baru dan memperbaiki tulang yang rusak.
Selain itu juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan kandungan proteinnya yang tinggi yang dapat membentuk sel baru bila ada sel yang rusak dalam tubuh anak Anda.

4. Buah jeruk
Selain kaya akan vitamin C buah jeruk juga kaya akan kalsium yang dikandungnya. Kalsium inilah yang nantinya akan memperkuat tulang anak. Ditambah lagi peran kolagen yang cukup dalam buah jeruk dapat membantu memperkuat tulang anak Anda. Jadi, tidak hanya kalsium yang berperan memperkuat tulang anak, vitamin C pun juga memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si kecil.
Sayangnya terkadang anak-anak tidak suka makan buah. Jadi bunda bisa mengkreasikannya mungkin dengan membuatkan jus buah, atau mengupas satu persatu buah jeruk lalu membentuknya seperti muka, atau boneka. Dengan begitu asupan kalsium dan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk bisa dikonsumsi secara alami anak tanpa harus menggunakan obat atau suplemen.

5. Brokoli
Sayuran yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang sering dijauhi anak-anak. Padahal sayuran yang satu ini sangat kaya akan gizi yang dibutuhkan anak, terutama dalam masa pertumbuhan.
Brokoli mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin K dan juga Kalsium yang tinggi. Peran vitamin K sendiri berfungsi memberi kepadatan tulang,dan memperkuat tulang.
Ditambah lagi vitamin K dapat membantu pengoptimalan penyerapan kalsium dalam tubuh. Yang mana kalsium berperan sangat penting dalam pertumbuhan tulang hingga pencegahan osteoporosis. Jadi bisa dipastikan bunda, bahwa brokoli memiliki kalsium yang bagus untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *