fbpx

Tips Memilih Mainan Anak yang Tepat

Bermain merupakan salah satu proses belajar bagi seorang anak. Untuk itu, memilih mainan anak yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan proses tersebut.

Aktivitas apa yang paling banyak dilakukan anak Anda ketika siang hari? Apakah anak Anda senang menonton TV, bermain, atau tidur? Kapan kita berbeda-beda, yang paling baik adalah bermain. Perlu kita ketahui, jika bermain merupakan salah satu proses belajar pada anak-anak. Melalui bermain, anak-anak akan mengenal dunia.

mainan anak

Cara Memilih Mainan Anak yang Tepat

  1. Pilihlah jenis mainan yang tepat

Ketika membeli mainan untuk anak Anda, langkah pertama yaitu pilihlah mainan yang tepat untuk anak Anda. Dalam artian, mainan yang Anda pilih sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak.

Misalnya, anak Anda memiliki usia diatas 6 bulan, apakah Anda bisa memberikan mainan yang memiliki warna cerah serta mengeluarkan bunyi. Beberapa anak sangat suka jenis mainan seperti ini karena bisa melatih indra penglihatan dan pendengarannya.

  1. Mainan yang bisa meningkatkan logika berpikir serta kreativitas anak

Anak Anda bisa menjadi anak yang cerdas jika Anda bisa memilih mainan anak yang tepat. Melatih anak sejak kecil, dengan mengasah kreativitas anak. Ada bisa memberikan mainan seperti puzzle.

Saat ini sudah banyak sekali tersedia beragam jenis permainan puzzle berbentuk sederhana hingga rumit. Anda bisa memilih jenis permainan ini sesuai dengan usia anak Anda. Dengan bermain puzzle anak Anda akan berlatih memecahkan teka-teki berita secara otomatis akan membentuk logika berpikirnya.

  1. Pilihlah mainan yang memiliki warna cerah

Pertimbangan adanya ketika memilih mainan untuk anak Anda, pilihlah mainan yang berwarna cerah. Dalam hal ini, memilih mainan berwarna cerah serta kontras bisa merangsang perkembangan anak. Mainan yang berwarna warni akan menarik bagi anak.

Bukan hanya itu saja, anak akan mudah mengerti serta hafal dengan warna tersebut. Dengan memberi mainan berwarna cerah, secara tidak langsung juga mengajarkan konsep warna kepada anak.

  1. Belilah mainan yang mudah dicuci

Jenis mainan yang mudah dicuci tentu akan sangat membantu Anda dan bisa juga menjaga kesehatan anak Anda. Tentu Anda  semua sangat paham jika mainan tentu akan mudah terkena bakteri dan kuman. Untuk menghindari bahaya tersebut sebaiknya Anda memilih jenis mainan yang mudah dicuci.

Anak yang masih kecil atau bayi selalu memasukkan mainannya ke mulut. Dengan demikian, maka memilih mainan yang mudah dicuci merupakan salah satu langkah tepat untuk menjaga, atau menghindari bahaya kuman yang menempel di mainan.

  1. Hindari mainan yang memiliki tali

Tali, benang, atau pita merupakan salah satu benda yang bisa membahayakan anak Anda. Hal ini dikarenakan, benda tersebut bisa menyebabkan terlilit pada leher, dan mencekik anak Anda.

Untuk itu demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka, beli mainan tanpa tali atau pita merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih mainan yang tidak mengandung bahan berbahaya

Berhati-hati ketika sedang membeli mainan. Sebelum memastikan untuk membeli mainan, terlebih dahulu lihatlah  bahan yang digunakan untuk membuat mainan tersebut. Pastikan bahan yang digunakan merupakan bahan yang aman, sehingga tidak membahayakan kesehatan anak Anda.

  1. Perhatikan bentuk mainan yang akan dibeli

Meskipun menggunakan bahan plastik, tidak semua jenis mainan memiliki quality control yang baik. terdapat beberapa mainan yang memiliki sudut sisa plastik yang tajam. Jangan sampai mainan yang Anda pilih merupakan mainan yang memiliki ujung runcing. Ujung runcing ini bisa berbahaya karena bisa melukai kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *