Makanan Sehat Untuk Anak berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang

Makanan Sehat Untuk Anak Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang

Makanan Sehat Untuk Anak

Apa saja sih Makanan sehat untuk anak bun? Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan seperti itu. Dan jawaban saya selalu sama yaitu yang halal.

Mengapa jawabannya adalah yang halal ? karena semua makanan itu baik untuk kesehatan tubuh anak ataupun manusia, kecuali yang diharamkan. Karena jelas sekali makanan haram itu tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia titik.

Umumnya para ahli gizi dan kesehatan sudah menetapkan standar makanan yang baik untuk kesehatan terutama untuk pertumbuhan anak. Slogan yang sering kita dengar dari dulu  bahwa makanan sehat adalah makanan yang terdiri 4 sehat 5 sempurna (4S 5S). Ada Karbohidrat, Ikan / daging, Sayuran, buah-buahan serta minuman pelengkap seperti susu.

Konsep Pedoman Gizi Seimbang

Konsep 4S 5s pada konferensi FAO dan WHO di Roma, Italia, telah dirubah menjadi Konsep Pedoman Gizi Seimbang. Yang artinya bagi orang tua dalam menyiapkan makanan sehat untuk anak nya tidak hanya memenuhi unsur 4 S 5s tadi tetapi juga memperhatikan berapa jumlah kalori yang tersedia dari makanan yang kita sajikan untuk kebutuhan gizi anak yang tepat.

Makanan Sehat Untuk Anak berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang

Piramida Pedoman Gizi Seimbang

Jumlah kalori yang dibutuhkan anak disesuaikan dengan usai dan aktivitasnya. Rata-rata anak sekolah membutuhkan 1600 – 2500 kalori per hari. Sementar anak yang menginjak usia dewasa asupan kalorinya bertambah dari 2500 – 3000 kalori perhari.

Lalu, bagaimana cara menghitung kalori makanan? Perlu para orang tua ketahui bahwa, 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan 4 kkal, 1 gram protein dapat menghasilkan 4 kkal, dan 1 gram lemak dapat menghasilkan 9 kkal. Kurang lebih seperti itu.

Jadi kesimpulannya makan sehat untuk anak adalah makan yang memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna dengan takaran kalori yang sesuai. Cukup sesederhana itu saja.

READ  3 Makanan Sehat Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui

Selanjutnya yang dibutuhkan adalah variasi dari bahan 4S 5s tadi, variasi ini perlu untuk memperkaya kebutuhan gizi anak dan juga untuk menghindari kebosanan anak terhadap makanannya, apalagi untuk anak yang susah makan.

Kemudian hal yang tidak boleh dilupakan selain makanan sehat adalah olah raga (aktivitas fisik) yang teratur, menjaga kebersihan makanan dan lingkungan serta selalalu memantau berat badan anak.

Yang terakhir dan kadang sering dilupakan adalah pelengkap nutrisi yang sering disebut suplemen. Suplemen untuk anak adalah hal yang kadang diabaikan karena orang tua merasa cukup dengan makanan yang dikonsumsi anak. Hal ini tidak lah salah namun kadang aktivitas anak yang cenderung over aktif dan untuk makanan tertentu seperti sayuran dan buah lebih sering dimakan dalam porsi yang sedikit maka kebutuhan suplemen adalah hal penting.

Lalu suplemen apa yang baik untuk anak ? Jawabannya adalah madu.

Madu Antariksa sebagai Suplemen Makanan Sehat Untuk Anak

Kenapa harus madu sebagai pelengkap makanan sehat untuk anak ? Ini jawabannya :

  • Madu sebagai Sumber Vitamin Yang Lengkap Bagi Anak

Pada madu terdapat vitamin yang dibutuhkan oleh anak, diantaranya : Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat.

Yang lebih istimewa lagi keseluruhan vitamin di atas dapat diserap dengan mudah oleh tubuh setelah 1 jam madu ini dikonsumsi anak. Berbeda dengan vitamin yang terdapat pada makanan lain, penyerapan terhitung lebih lambat.

  • Madu memiliki bakteri yang baik.

Bakteri baik ini adalah laktobasilus dan bifidobacteria. Maksudnya bakteri yang baik adalah, bakteri ini baik bagi tubuh dengan membunuh bakteri jahat di dalam usus.  Dengan membunuh bakteri jahat dalam usus maka pencernaan anak juga akan baik, sehingga akan meningkatkan nafsu makannya dan mempercepat penyerapan gizi pada makanan yang dimakannya.

  • Madu baik untuk perkembangan otak
READ  3 Makanan Sehat Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui

Berilah satu sendok makan madu asli sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan fungsi kinerja otak sebab fruktosa yang terkandung pada madu akan memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman pada saat anak Anda sedang tidur.

  • Membantu Pertumbuhan Anak

Tidak diragukan lagi bahwa madu dapat membantu pertumbuhan anak secara optimal. Madu mengandung cukup banyak zat besi (Fe) dan tembaga (Cu) sedang ASI atau susu sapi mengandung lebih sedikit dibandingkan madu. Asupan Fe dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

  • Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Madu menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sehat, terhindar dari penyakit.

Dari sekian banyak merk madu bahkan tidak jarang ada juga yang palsu dan oplosan. Lalu madu apa yang baik dan cocok bagi anak?

Tanpa basa basi, saya rekomendasikan Madu Anak Antariksa. Kenapa harus madu antariksa? Ini jawabannya :

  1. Madu Asli dan Murni
  2. Mengandung unsur lain yang memang dibutuhkan anak, yaitu : Albumin, Temulawak dan Gamat / Teripang Emas.
  3. Bersertifikat

Silahkan baca selengkapnya tentang madu antariksa disini : https://maduantariksa.id/maduantariksa/

Demikian sedikit ulasan tentang makanan sehat untuk anak. Semoga bermanfaat dan yang menjadi harapan kita semua bisa terwujud yaitu anak tumbuh dan berkembang dengan sehat secara fisik dan baik secara rohani.

makanan sehat anak madu antariksa

*Dikutip dan di edit dari wawancara dengan bunda Sarah.

Save

Save

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *