Daftar Makanan Untuk Anak 1 Tahun yang Menyehatkan

Makanan untuk anak 1 tahun sangat penting untuk tumbuh kembang. Pada waktu inilah anak mulai diperkenalkan makanan dengan variasi tekstur dan rasa makanan. Makanan padat yang akan diberikan kepada anak 1 tahun bisa diolah dengan beragam olahan yang memudahkan anak untuk mengunyah dan menelannya.
Makanan yang bervariasi sangat dibutuhkan oleh anak berusia 1 tahun agar nantinya dia tidak memilih-milih makanan dan gizi yang dibutuhkan terpenuhi. Pada waktu ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mengobservasi sekiranya ada makanan yang menyebabkan alergi pada anak sehingga bisa dihindari.

makanan sehat untuk anak 1 tahun

Makanan Untuk Anak 1 Tahun yang Direkomendasikan

  • Daging Ayam
    Dibandingkan dengan daging merah, daging ayam memiliki lemak baik yang lebih banyak. Daging ayam juga merupakan sumber protein yang bagus untuk pertumbuhan anak. Tapi sebaiknya saat memberikan daging ayam, bagian kulit tidak disertakan karena bagian ini malah mengandung lemak lebih banyak.
  • Nasi Merah
    Dibandingkan nasi putih, vitamin dan mineral yang terkandung dalam nasi merah lebih kompleks. Nasi merah sangat bagus sebagai makanan untuk anak 1 tahun karena memiliki vitamin B, energi, mineral dan protein. Mengkonsumsi nasi merah lebih bagus karena kadar glukosanya yang lebih rendah dibandingkan nasi putih.
  • Ubi
    Senyawa fitokimia yang merupakan senyawa penting bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit terkandung di dalam ubi. Selain senyawa fitokimia, ubi juga mengandung vitamin seperti vitamin C dan vitamin A serta kaya akan mineral alami yang baik bagi tubuh.
    Selain ubi, bahan makanan lain yang mengandung fitokimia adalah sayuran yang berwarna terang seperti bayam merah, bayam hijau, sawi dan lain sebagainya.
  • Ikan
    Nutrisi ikan sangat baik untuk diolah sebagai makanan untuk anak 1 tahun. Kandungan selenium, magnesium, kalsium serta protein rendah lemak sangat tinggi sehingga bagus untuk tumbuh kembang anak. Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan omega 3 dan 6 yang bagus untuk nutrisi otak. Ikan segar lain juga tidak kalah nutrisinya. Sajikan dengan variasi makanan yang disukai anak-anak.
  • Wortel dan Tomat
    Wortel merupakan sumber betakaroten yang paling tinggi. Sedangkan tomat mengandung antioksidan yang sangat kaya. Perpaduan keduanya mendatangkan kebaikan bagi tubuh terutama anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anda bisa mencampur keduanya dan dijadikan jus. Jika Anak tidak menyukai baunya, maka Anda bisa menambahkan kayu manis agar aromanya lebih wangi.
  • Kiwi
    Kiwi adalah salah satu sumber utama vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses penyerapan zat besi. Untuk memvariasikan menu kiwi, Anda bisa menjadikannya popsicle yang pasti disukai anak Anda.
READ  3 Makanan Sehat Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui

Latih Anak Makan segala Jenis Makanan

Cara terbaik agar anak mau makan makanan yang bervariasi adalah dengan mencontohkannya kepada mereka. Jangan selalu memberikan makanan yang mereka minta setiap kali mereka menolak makanan yang Anda sediakan. Latih mereka bukan hanya untuk mau makan semua yang disediakan tetapi juga untuk menghargai makanan.
Salah satu cara agar anak mau memakan makanan untuk anak 1 tahun yang mungkin bukan selera mereka adalah dengan membuat variasi bentuk makanan ke dalam karakter yang mereka sukai. Selain itu Anda dapat mengajak anak dalam proses pembuatan makanan agar mereka merasa senang dan mau memakan makanan hasil “masakan” mereka. Cara ini biasanya efektif mengurangi protes anak karena tidak berselera makan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *