Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak Secara Alami

Sariawan merupakan benjolan yang berada di daerah mulut, berwarna putih kekuningan tapi bukan termasuk penyakit serius. Karena sariawan bisa disembuhkan dengan atau tanpa obat.
Jumlah sariawan di dalam mulut sendiri biasanya lebih dari satu, sangat mengganggu dan saat tersentuh makanan maka pada bagian sariawan tersebut akan terasa sakit. Untuk penyebab umumnya biasanya karena mereka kekurangan vitamin C, tidak hanya pada orang dewasa saja tapi juga anak-anak.
Oleh karena itu para bunda sebaiknya ketahui penyebab, gejala dan cara untuk mengatasinya supaya sariawan cepat sembuh. Hal di ini dilakukan untuk mencegah kesehatan anak menjadi semakin memburuk, karena kebanyakan anak menjadi malas makan dan kesehatan menjadi terganggu.

 

Mengatasi sariawan pada anak

Beberapa Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak Secara Alami

  • Menjaga Mulut Tetap Bersih
    Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga harus rajin menjaga kesehatan mulut. Dengan begitu masalah seperti sariawan menjadi terhindarkan dan lakukan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari tapi jangan berlebihan.
    Saat anak rajin menyikat gigi, sikat gigi yang digunakan juga harus diganti secara teratur atau minimal 1 bulan sekali. Hal ini dilakukan supaya tidak menimbulkan bakteri gigi yang menempel pada sikat, perhatikan juga pemilihan pasta gigi dan sikat sesuaikan dengan kebutuhan anak.
    Bisa juga menyediakan obat kumur supaya kebersihan gigi & mulut menjadi lebih optimal dan hindari penggunaan sikat gigi orang lain meskipun masih satu keluarga.
  • Obat Kumur Alami
    Untuk obat kumur bunda dapat menggunakan beberapa bahan alami seperti campuran cuka apel, garam dan air hangat. Campuran tersebut akan sangat efektif untuk memusnahkan jamur di dalam mulut.
    Saat anak sariawan dengan berkumur dengan obat ini maka sariawan akan menjadi kempes dan sembuh. Pada cuka apel ini terdapat kandungan vitamin dan mineral yang akan memberi pertahanan terhadap jamur dan meningkatkan imunitas tubuh anak.
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat
    Untuk menghindari sariawan, anak perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan aman. Hal ini termasuk salah satu cara untuk mencegah sariawan pada anak yang muncul dan meningkatkan sistem imunitas tubuh anak. Apalagi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang maka anak akan terhindar dari bakteri penyakit.
    Berikan buah dan sayuran pada anak yang memiliki kandungan vitamin yang banyak. Karena kandungan tersebut akan mempercepat proses penyembuhan. Perhatikan pola makan anak yang sehat dan ajak anak untuk melakukan olahraga secara teratur setiap harinya.
  • Berikan Madu Sebagai Obat
    Madu sudah dari zaman dahulu menjadi obat alami untuk menyembuhkan sariawan. Madu juga dapat membuat sariawan berkurang rasa sakitnya dan luka tidak terlalu kaku. Tidak hanya memiliki rasa yang manis saja, tapi juga memiliki manfaat yang baik untuk anak kita.
    Caranya dengan mengoleskan madu pada bagian sariawan secara langsung dan biarkan beberapa menit supaya madu teresap dengan baik pada luka sariawan dan bersihkan dengan berkumur air putih.
  • Berikan Banyak Cairan
    Saat anak mengalami sariawan biasanya mereka tidak mau makan dan makan makanan dalam bentuk padat. Sedangkan untuk menyembuhkan sariawan, nutrisi yang diberikan pada anak harus sesuai dengan kebutuhan.
    Oleh karena itu untuk mengganti makanan padat tersebut kita dapat memberikan cairan supaya lebih mudah dicerna dan lebih mudah untuk menelan. Berikan juga air putih yang cukup, jus buah-buahan dan susu yang baik untuk kalsium, dapat membantu pertumbuhan anak dengan baik.
READ  Kenali Tanda-tanda Sariawan Pada Anak

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *