Beberapa Penyebab Batuk Berdahak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab batuk berdahak memang sangat beragam dan harus senantiasa anda waspadai. Kita tahu bahwa batuk berdahak merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali mengganggu anak kita dan membuatnya merasa tersiksa. Batuk yang terjadi akan membuat dada menjadi sakit dan seringkali pernafasan juga akan menjadi lebih sulit. Hal ini disebabkan sepenuhnya oleh dahak yang menyumbat saluran nafas di dalam tubuh.

Dengan mengetahui beberapa penyebab dari batuk berdahak tersebut, tentu kita akan lebih mudah untuk melakukan tindakan penanganan yang tepat. Selain itu, pengetahuan terkait sebab dari batuk berdahak juga bisa membuat kita melakukan beberapa tindakan pencegahan yang dibutuhkan. Berikut ada beberapa penyebab dari batuk berdahak yang harus anda ketahui yang secara umum menyerang anak anda.

Penyebab Batuk Berdahak Anak

Alergi

Salah satu penyebab masalah batuk berdahak yang sering menyerang anak anda adalah alergi, terutama alergi dingin. Hal ini dikarenakan bahwa alergi dingin mampu menyebabkan seseorang kehilangan keseimbangan tubuh dan terkena flu dan batuk secara bersamaan.

Suhu luar yang tidak seimbang akan menyebabkan tubuh terasa lebih lemah terutama bagi anak anda yang memang masih rentan terhadap beberapa jenis penyakit. Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan, perbanyaklah konsumsi minuman hangat yang bisa mengontrol kondisi tubuh dengan baik, seperti air jahe dan juga gunakan pakaian hangat jika tubuh terasa kedinginan, baik pagi maupun malam hari.

Debu

Tidak dipungkiri bahwa debu merupakan salah satu penyebab batuk yang paling umum. Debu yang beterbangan di jalan atau di tempat lainnya akan terserap ke dalam tubuh melalui mekanisme pernafasan dan mengendap di dalamnya. Endapan debu di dalam tubuh inilah yang akan menyebabkan timbulnya batuk berdahak yang sangat mengganggu.

READ  Madu Antariksa Obat Batuk Anak Alami

Kita memang tidak akan pernah terlepas dari gangguan debu dalam kehidupan sehari-hari. Beragam aktivitas yang kita lakukan, terutama aktivitas luar, menyebabkan kita sering mengalami masalah dengan debu ini. Oleh karena itu, untuk mencegah debu masuk ke dalam tubuh sebagai salah satu penyebab batuk berdahak, ada baiknya jika anda menggunakan masker ketika berpergian ke luar rumah.

Pneumonia

Hal lain yang sering dianggap sebagai masalah yang menyebabkan batuk berdahak hingga parah adalah pneumonia. Tahukah anda apa itu pneumonia?. Ini adalah salah satu peradangan yang terjadi pada paru-paru. Pneumonia dapat menyerang salah satu paru-paru atau keduanya, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Seseorang yang mengalami pneumonia akan cenderung mengalami batuk berdahak dalam waktu yang relative lama dan juga mengalami sesak nafas yang akut. Hal ini disebabkan karena paru-paru yang seharusnya berisi udara justru berisi cairan. Tentu, kondisi ini adalah salah satu kondisi yang kurang menyehatkan dan sebaiknya anda periksakan dengan segera.

Virus

Virus adalah salah satu penyebab batuk berdahak yang sangat umum. Hampir sebagian besar batuk berdahak disebabkan oleh virus. Perlu diketahui bahwa batuk atau flu merupakan salah satu penyakit menular yang penularannya bisa terjadi dengan sangat cepat terutama saat kondisi kita berada dalam posisi yang kurang sehat dan lemah. Dengan daya tahan tubuh yang kurang, maka virus akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan beberapa masalah, termasuk batuk berdahak.

Untuk tindakan pencegahan, menjaga kondisi tubuh dengan konsumsi nutrisi teratur serta suplemen adalah ide yang sangat baik untuk dilakukan. Kenali penyebab batuk berdahak dengan baik untuk melakukan tindakan pengobatan yang tepat dan dibutuhkan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *