Cara Alami Atasi Batuk Tanpa Obat Batuk Bayi

Batuk merupakan penyakit yang sangat mudah menyerang bayi karena mereka adalah mahluk kecil yang masih sangat rentan. Melihat bayi mungil mengalami batuk pastinya akan membuat semua orang tua kuatir dan sering kali langsung bergegas memberikan obat batuk bayi untuk mengatasinya.
Padahal memberikan obat-obatan terutama yang pabrikan untuk bayi di bawah umur 2 tahun sangat tidak disarankan. Untuk bayi yang berusia di atas 2 tahun pun pemberian obat-obatan semacam itu harus selalu berada di bawah pengawasan dokter karena kandungan obat yang mungkin saja berisiko bagi bayi.

Atasi batuk bayi

Jika batuk yang mendera anak baru saja terjadi, maka ada cara-cara tradisional yang bisa dipakai untuk mengatasi batuk. Cara-cara ini sudah lama dipakai oleh nenek moyang kita dan terbukti berhasil mengusir batuk dengan aman.

Usir Batuk Tanpa Obat Batuk Bayi

Pijat Daun Kemangi
Daun kemangi ternyata tidak hanya enak untuk dijadikan lalapan saja. Daun yang memiliki aroma khas ini ternyata juga sangat cocok digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk pada anak.
Caranya pun sangat mudah. Pertama, cuci bersih beberapa lembar daun kemangi Segar dan remas-remas dengan tangan. Kemudian lakukan pemijatan ke dada serta punggung bayi menggunakan daun kemangi tersebut. Pijat dengan lembut sampai bayi merasa rileks. Setelah itu mandikan bayi dengan air hangat atau bisa dengan membersihkan badan bayi dengan handuk hangat.

Pijat Minyak Bawang Putih
Selain bawang merah ternyata kerabatnya yaitu bawang putih juga cocok untuk obat batuk bayi. Anda hanya perlu mengeluarkan minyaknya dan memijat bayi Anda dengan minyak bawang putih tersebut. Cara untuk mendapatkan minyak bawang putih ini juga cukup mudah.
Siapkan beberapa siung bawah putih yang sudah dikupas kemudian sangrai sampai harum. Jika sudah tercium aromanya, angkat, kemudian haluskan. Gunakan bawang putih yang sudah dihancurkan tersebut untuk memijat area dada dan punggung bayi Anda.
Selain dilakukan pemijatan pada bayi, ibu yang masih menyusui bayinya juga dapat mengkonsumsi bawang putih mentah agar asinya bisa sebagai obat batuk bayi. Di samping dimakan mentah, ibu bisa memperbanyak bawang putih pada setiap masakan yang akan dimakan.

READ  Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami

Banyak Minum
Usahakan agar bayi yang sedang terserang batuk untuk lebih banyak minum. Berikan ASI lebih banyak dari pada saat bayi berada di kondisi normal. Banyaknya cairan yang masuk akan membantu dahak agar tidak mengental dan mengganggu tenggorokan.
Banyak minum juga akan mencegah dehidrasi pada bayi, terutama jika batuk yang menyerang dibarengi dengan panas. Cairan yang masuk akan membantu tubuh mengurangi panas yang ada di tubuhnya dan menetralisir dengan cara mengeluarkannya lewat buang air kecil. Semakin banyak cairan yang masuk maka panas tubuh akan semakin cepat menurun.

Jaga Kebersihan Bayi dan Orang Sekitar
Semua orang dewasa yang hendak memegang bayi sebaiknya mencuci tangan, terlebih jika sehabis melakukan pekerjaan berat atau baru saja dari luar ruangan. Memakai masker juga dianjurkan agar tidak mudah terkontaminasi dengan batuk dari bayi.
Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ruangan termasuk pakaian dan perlengkapan bayi lainnya. Setiap perlengkapan bayi sebaiknya tidak dicampur dengan anak lainnya atau dengan orang dewasa. Selalu berikan makanan yang bergizi serta benar cara pemasakannya agar bayi bisa cepat pulih staminanya. Hal ini juga bisa untuk ibu yang sedang menyusui.

Memilih cara-cara alami sebelum memberikan obat batuk bayi bisa menghindarkan bayi dari kontak dengan bahan kimia sedari kecil, sehingga saat besar pun dia tidak akan tergantung pada obat saat sedang sakit.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *