Tanaman Tradisional Untuk Obat Batuk Anak yang Bagus

Obat batuk anak yang bagus sering dicari para orang tua yang anaknya sedang terserang penyakit ini. Apa lagi ketika musim pancaroba tiba, batuk seakan menjadi penyakit langganan yang cepat sekali menyebar. Namun bagaimana cara memilih obat yang sesuai?.
Sebenarnya batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang ada di tenggorokan. Benda asing yang masuk ini bisa berupa kuman dan bakteri yang akhirnya merangsang selaput lendir untuk bereaksi. Flu seringkali menjadi pemicu batuk yang umum pada anak-anak.
Penyebab lain dari batuk juga bisa terjadi karena infeksi bakteri mau pun virus. Jika batuk terjadi karena infeksi biasanya akan disertai dengan naiknya panas tubuh. Faktor udara yang tidak bagus serta alergi juga bisa menjadi pemicu batuk pada anak. Untuk mengatasi batuk yang demikian tidak selalu harus menggunakan obat batuk anak yang bagus apa lagi dengan mengjonsumsi obat pabrikan.

Obat Batuk Tradisional Untuk Anak

Ada banyak cara alami yang bisa dipilih untuk mengatasi batuk yang menyerang anak-anak. Cara ini selain lebih aman juga lebih murah. Lakukan cara-cara di bawah ini jika batuk yang menyerang anak Anda masih berada di tahap awal dan tidak disertai gejala lainnya.

Tanaman Herbal Untuk Obat Batuk Anak yang Bagus

  • Jahe dan Kencur
    Siapkan jahe dan kencur masing-masing berukuran 1 cm. Rebus dengan satu gelas air hingga air tersisa setengahnya. Jika sudah mendidih, angkat dan saring. Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu murni sesuai selera. Minum saat sudah hangat. Minum sebanyak tiga kali sehari sampai anak sembuh dari sakit.
  • Jeruk Nipis
    Siapkan perasan jeruk nipis sebanyak tiga sendok makan, ditambah dengan tiga sendok makan madu dan lima sendok makan air putih. Panaskan bahan dengan cara di tim sampai ramuan terasa hangat. Ambil satu sendok teh ramuan dan minum sebanyak dua kali sehari. Untuk anak satu tahun bisa hanya mengkonsumsi setengah sendok teh saja.
  • Kencur
    Khasiat kencur sebagai obat batuk anak yang bagus memang sudah terkenal sejak zaman nenek moyang kita. Caranya juga cukup mudah. Parut lima gram kencur yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Tambahkan dua sendok makan air putih serta sejumput garam. Aduk rata dan saring. Minum sebanyak tiga kali setiap hari sampai sembuh dari batuk.
  • Madu dan Lemon
    Mengkonsumsi satu sendok makan madu sebelum tidur di malam hari akan membantu mengurangi gejala batuk pada anak. Resep obat batuk anak yang bagus ini juga pasti akan disukai karena rasanya yang manis. Madu juga membantu mengeluarkan dahak dan memberikan stamina bagi tubuh anak.
    Cara kedua adalah mencampurkan madu dengan lemon. Minum sebanyak tiga kali sehari campuran tiga sendok makan madu dan perasan lemon. Jika tidak mendapati lemon maka Anda bisa mengganti dengan jeruk nipis.
  • Jahe
    Jahe juga sangat ampuh untuk obat batuk anak yang bagus. Caranya juga sangat mudah. Cukup siapkan jahe sepanjang tiga ruas jari. Bakar sampai permukaannya rata berubah warna. Bersihkan kulitnya dan parut. Kemudian saring parutan jahe tersebut dan berikan kepada si kecil. Jika rasa jahe terlalu kuat, maka bisa dicampur dengan madu dan air putih hangat sebanyak lima sendok makan.
READ  Beberapa Penyebab Batuk Berdahak Yang Harus Diwaspadai

Resep-resep obat batuk anak yang bagus tersebut di atas bisa Anda praktekkan ketika anak mengalami batuk. Namun jika batuk berlangsung lebih dari seminggu disertai gejala lain seperti pusing, mual, sesak napas dan demam maka segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *