Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak Secara Alami

Penyakit batuk berdahak adalah penyakit ringan, namun akan cukup mengganggu aktivitas keseharian Anda apabila tidak segera disembuhkan. Batuk berdahak dapat dikarenakan oleh bermacam hal seperti virus, infeksi paru-paru dan saluran pernapasan, serta kebiasaan merokok. Cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami sebenarnya cukup manjur namun kalah dengan tidak adanya iklan tentang obat tradisional sehingga cara ini sering dilupakan.

anak batuk berdahak

Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami

  • Minum Teh Jahe
    Anda pasti sudah bisa membayangkan betapa hangatnya minuman ini. Irisan jahe tipis-tipis yang dicampur dengan teh hangat sangat efektif untuk membantu Anda mengatasi batuk berdahak. Anda bisa tambah sedikit madu agar tidak terlalu pahit tapi jangan ketika masih panas. Anda dapat mengonsumsi teh jahe dua kali dalam sehari untuk meredakan batuk berdahak. Perlu Anda hindari gula pada teh tersebut, karena dapat menyebabkan batuk semakin parah.
  • Gunakan Blimbing Wuluh
    Buah ini cukup efektif sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak pada usia anak maupun pada orang dewasa. Anda dapat membuat ramuannya dengan cara mencampurkan belimbing wuluh bersamaan beberapa butir saja, tambahkan sedikit gula pada secangkir air. Langkah selanjutnya rebus campuran semua bahan tersebut kemudian saring airnya. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari saat ramuan mulai dingin. Minumlah secara teratur sampai batuk berdahak Anda sembuh.
  • Konsumsi Jeruk Nipis
    Dengan Anda mengonsumsi jeruk nipis Anda telah melakukan salah satu cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami dan cepat. Jeruk nipis akan bekerja langsung untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan. Jeruk nipis adalah obat tradisional dan alami untuk mengurangi dan menyembuhkan batuk yang paling dikenal masyarakat.
    Campurkan hasil perasan atau air jeruk nipis dengan madu pada air hangat. Anda dapat menggunakan perbandingan antara perasan jeruk nipis banding madu dan banding air adalah 1:3:5. Ada cara yang lebih mudah dan tidak merepotkan yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk nipis pada kecap. Metode sering digunakan dan dirasa cukup efektif sebagai obat batuk berdahak. Dosis pada anak konsumsi ramuan dua kali sehari satu sendok teh.
  • Pilihlah Kunyit
    Bahan lain untuk obat batuk berdahak adalah kunyit. Bahan tradisional ini sudah lama dipercaya masyarakat Indonesia sebagai salah satu rempah sebagai obat batuk alami. Dalam membuat ramuan batuk berdahak ini dapat dilakukan dengan cara menumbuk kunyit kemudian campurkan dengan madu pada segelas susu hangat. Ramuan kunyit ini dianggap sebagai obat batuk yang cukup efektif.
  • Rebus Daun Sirih
    Obat batuk berdahak alami berikutnya adalah daun sirih. Buatlah rebusan 2 gelas air dengan mencampurkan lima lembar daun sirih, cengkeh, kapulaga, kemukus dan kayu manis. Tunggulah rebusan tersebut sampai ukuran air rebusan menjadi setengah gelas. Kemudian saring air rebusan dan konsumsi tiga kali sehari satu sendok makan. Meskipun rasanya aneh tapi ramuan ini cukup efektif menyembuhkan batuk berdahak Anda.
  • Kombinasikan Madu dengan Lada Putih
    Kombinasi antara madu dengan lada putih ini cukup unik. Anda mungkin jarang mencobanya. Perlu Anda tau kombinasi antara lada putih yang dicampurkan dengan madu sudah lumayan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Ramuan ini dianggap sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan batuk berdahak dengan cepat
  • Segarkan dengan Daun Kemangi
    Daun kemangi adalah daun yang memiliki wangi yang khas. Selain daunnya yang wangi ternyata daun ini juga bisa menjadi obat alami untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini dibuat dengan cara yang membuatnya cukup mudah, Anda bisa merebus 2-3 daun kemangi dengan 1-2 gelas air putih. Konsumsi ramuan ini pada keadaan yang masih hangat sehingga tenggorokan terasa lebih lega, ramuan ini adalah cara menyembuhkan batuk berdahak yang alami dan cukup efektif.
READ  Madu Antariksa Obat Batuk Anak Alami

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *