Tips Memilih Obat Tenggorokan Gatal Terpercaya

Tenggorokan yang terasa gatal memang dapat mengganggu istirahat, terlebih jika terjadi di malam hari secara tiba-tiba. Obat tenggorokan gatal dapat dijadikan alternatif saat kita mengalami hal tersebut. Tenggorokan gatal biasanya disebabkan karena terjadinya infeksi pada tenggorokan. Sehingga secara tiba-tiba bisa menyerang kita kapan saja.
Oleh karena itu jika tenggorokan terasa gatal maka harus diatasi dengan segera, misalnya meminum obat khusus untuk melegakan tenggorokan. Lalu bagaimana jika saat tenggorokan gatal tidak ada obat? Tidak perlu khawatir karena Anda dapat melakukannya dengan cara yang alami dan bahan-bahannya sudah pasti ada di rumah. Untuk itu, simak terus artikel berikut ini:

Tenggorokkan gatal pada anak

Obat Tenggorokan Gatal

  1. Madu
    Madu selain memiliki banyak manfaat untuk kecantikan juga sangat efektif dijadikan obat tradisional yang alami. Madu dapat membantu Anda untuk melawan berbagai bakteri, virus dan kuman yang menyebabkan daya tahan tubuh lemah. Selain mengobati gatal pada tenggorokan, madu juga dapat mengatasi batuk berdahak.
    Bahkan madu telah dipercaya dapat dijadikan sebagai obat batuk terbaik jika dibandingkan berbagai jenis obat batuk lainnya. Cara menyajikannya adalah dengan mencampurkan madu pada air hangat.
  2. Teh Jahe
    Teh dan Jahe dapat dijadikan obat tenggorokan gatal yang alami, hal ini dikarenakan keduanya dapat bekerja secara efektif dan memberikan rasa hangat bagi tubuh. Jahe memiliki kandungan zingiberin yang mampu membuang racun serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga sangat ampuh untuk mengatasi peradangan yang diakibatkan infeksi virus. Cara penyajiannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memotong ruas jahe lalu masukkan dalam air hangat atau teh, sebaiknya pilih gula merah agar lebih nikmat. Sebaiknya rutin minum teh jahe maka Tenggorokan Gatal akan terasa hilang.
  3. Minum Air Hangat
    Obat tenggorokan gatal yang paling mudah untuk kita jumpai adalah air hangat, biasanya saat kita merasa tenggorokan gatal di malam hari dan tidak ada obat maka akan malas untuk membuat beberapa ramuan diatas. Untuk itu, cara yang paling praktis dan ampuh adalah dengan minum air hangat. Pastikan air tersebut benar-benar panas tidak perlu dicantumkan dengan air dingin. Jika baru mencobanya maka memang terkesan ekstrim, namun cara ini telah terbukti ampuh dalam mengobati tenggorokan gatal.
  4. Minyak Kayu Putih
    Steaming merupakan pengobatan yang dapat Anda lakukan dengan mencampurkan air putih pada air panas yang beruap. Proses penguapan yang dilakukan bertujuan untuk melancarkan pernafasan serta mengencerkan dahak sehingga tenggorokan yang gatal akan hilang dengan sendirinya. Caranya yaitu sediakan air panas dalam ember atau panci yang masih beruap lalu teteskan minyak kayu putih secukupnya, dekatkan hidung pada ember dan hirup uapnya kurang lebih 10 hingga 15 menit. Untuk mendapatkan hasil yang efektif maka sebaiknya tutup ember dengan handuk agar uap tetap terserap dengan baik oleh hidung.
  5. Kumur dengan Air Garam
    Garam dapat dijadikan sebagai obat tenggorokan gatal dan sangat mudah untuk kita temui di dapur. Garam sebaiknya dicampur dengan air hangat dan dibuat kumur dalam 3 kali sehari. Garam telah terbukti dalam menghilangkan rasa panas, sementara rasa panas pada tenggorokan juga dapat mengakibatkan tenggorokan terasa sakit dan gatal. Selain itu, garam juga berfungsi sebagai antiseptik yang bisa membersihkan lendir yang terdapat di tenggorokan.
READ  Mengatasi Batuk pada Anak

Itulah beberapa obat tenggorokan gatal yang dapat Anda racik sendiri di rumah tanpa ribet, praktis dan mudah kita jumpai. Semoga bermanfaat untuk Anda.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *