Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan Aman Konsumsi

Obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan tentunya harus aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk bayi tersebut.
Kondisi tubuh yang lemah tentunya akan rentan terhadap penyakit, terkena batuk dan pilek juga lumrah untuk bayi usia 0-6 bulan. Tidak ada satupun bayi yang tidak mengalami batuk dan pilek tersebut. Batuk pilek tersebut biasanya dipicu oleh perilaku bayi yang tidak dapat membedakan sesuatu yang bersih dan tidak bersih.
Untuk mengatasinya dapat dengan berbagai cara dan salah satunya dengan pengobatan alternatif yang dapat dilakukan sendiri oleh ibu.

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 0-6 Bulan Aman Konsumsi

Obat Batuk dan Pilek Bayi 0-6 Bulan
Untuk mengobati batuk pilek pada bayi, biasanya ibu akan memberikan obat untuk bayi tersebut. Tapi ada baiknya jika menggunakan beberapa cara untuk mengobati batuk pilek tersebut, seperti:
• Terapi Uap
• Aroma terapi
• ASI
Dengan terapi uap kita dapat menjaga tumbuh kembang bayi. Ibu dapat sesekali membawa buah hati ke baby spa yang merupakan terapi khusus bayi. Terapi ini sangat bagus untuk bayi yang sedang mengalami masalah kesehatan seperti batuk pilek. Terapi juga dilakukan oleh profesional jadi ibu tidak perlu khawatir terjadi apa-apa pada bayi.
Untuk aroma terapi juga termasuk dalam obat batuk pilek bayi dan konsepnya hampir sama dengan terapi uap tapi alat yang digunakan berbeda. Aroma terapi ini tidak menggunakan alat khusus, hanya menggunakan ember.
Caranya dengan menyiapkan ember dengan air panas dan campur dengan minyak kayu putih dalam ember tersebut. Biarkan uap muncul sampai memenuhi ruangan sang bayi supaya dapat terhirup dan batuk pilek menjadi reda.

READ  Tips Memilih Obat Tenggorokan Gatal Terpercaya

asi obat batuk pilek bayi

Sedangkan untuk ASI biasanya digunakan untuk makanan dan minuman bayi. ASI ini memiliki peran sebagai obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan. Hal ini karena ASI memiliki kandungan penting sebagai antibodi untuk bayi. Antibodi tersebut dapat memperkuat imun bayi.

Cara Mengatasi Batuk Pilek Bayi Usia 0-6 Bulan

Untuk mengatasi batuk pilek pada bayi usia 1 bulan, tidak hanya diberikan obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan saja tapi pastikan bayi memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak sampai dehidrasi. Kebutuhan cairan tubuh harus tercukupi dengan ASI yang diperoleh oleh ibu.
ASI ini dapat memperkuat antibodi pada bayi untuk melawan virus dan kuman yang menyebabkan batuk pilek tersebut. Sedangkan ibu yang menyusui juga harus mengkonsumsi vitamin C alami dari buah-buahan.
Untuk mengatasi bayi batuk pilek pada usia 2 bulan dengan metode pengobatan yang dapat menghangatkan tubuh bayi. Ibu dapat menggunakan minyak telon, minyak kayu putih dan mentol. Kita juga dapat menambahkan minyak pinus saat memandikan bayi supaya dapat bernafas dengan lega karena pilek.
Pada usia 3 bulan kita dapat menggunakan metode yang sama untuk bayi usia 2 bulan. Tambahkan upaya dengan melembabkan udara di sekitar ruangan yang ditempati oleh bayi.
Untuk bayi usia 4 bulan kita dapat menggunakan air garam sebagai obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan saat bayi mengalami batuk pilek. Teteskan sedikit air garam ke lubang hidung bayi dan hisap kembali sampai keluar bersama dengan cairan atau lendir. Ibu dapat menggunakan aspirator hidung atau langsung menggunakan mulut sang ibu. Cara tersebut juga dapat dilakukan pada bayi sampai usia 6 bulan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *