Ampuhnya Khasiat Madu untuk Anak Demam

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari lebah. Madu memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Khasiat madu untuk anak demam sudah banyak dikenal oleh masyarakat sejak jaman nenek moyang. Madu mengandung zat nutrisi yang multi manfaat. Biasanya madu digunakan untuk memberi kecukupan vitamin dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiat Madu Sebagai Obat Demam Anak

anak demam harus minum maduKandungan nutrisi di dalam madu sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian madu mengandung karbohidrat, protein, asam amino, asam tartarat, asam malat, asam oksalat, asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam format dan asam glikolat, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, dekstrin, dan mineral. Madu juga mengandung zat antioksidan, antibiotik dan antimikroba. Madu mengandung beberapa senyawa gula seperti fruktosa, glukosa, dextrin, sukrosa dan maltosa.

Kualitas madu dapat ditentukan sesuai dengan asal bunganya yang digunakan sebagai tempat produksi. Masing-masing jenis madu tersebut memiliki aroma dan rasa berbeda. Ada beberapa jenis madu berdasarkan bunga tempat produksinya, yaitu madu bunga kopi, madu bunga randu, madu bunga kelengkeng, madu bunga durian, madu bunga rambutan, dan madu bunga kelapa. Ada juga madu yang terdiri dari campuran beberapa jenis bunga dan disebut madu aneka jenis bunga atau mix flower.

Kandungan nutrisi dan enzim yang ada di dalam madu bermanfaat untuk melancarkan proses kimia tubuh sehingga dapat berkhasiat sebagai penyembuh penyakit. Salah satu manfaatnya adalah sebagai penurun demam. Khasiat madu untuk anak demam lebih tinggi daripada jenis makanan atau minuman lain seperti susu. Kandungan gula yang ada di dalam madu lebih cepat dicerna oleh lambung dan lebih cepat masuk ke peredaran darah.

READ  Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak

Khasiat madu sebagai penurun demam pada anak dapat diperoleh dari beberapa nutrisi yang terkandung di dalamya. Kandungan Vitamin C dapat bermanfaat sebagai peningkat daya imunitas tubuh untuk membantu melawan virus dan bakteri. Kandungan antiseptik di dalam madu akan bermanfaat sebagai pelawan bakteri dan virus. Kandungan glukosa dan fruktosa pada madu dapat bermanfaat sebagai sumber energi agar anak tidak lemas karena biasanya saat anak demam tidak mau makan.

Cara Minum Madu sebagai Penurun Demam Anak

Jika anak sedang sakit demam tidak jarang orang tua merasa khawatir dan cemas. Apalagi saat demam tidak kunjung reda selama beberapa hari. Tidak jarang orang tua langsung memberikan obat penurun panas yang berbahan kimia. Padahal ada cara penurun demam pada anak yang lebih alami yaitu dengan memberikan madu kepada anak.

Agar pemberian madu sebagai penurun panas dapat lebih optimal maka harus berdasarkan cara tertentu. Masukkan madu sebanyak 1 sendok makan dan dicampur di dalam 1/3 gelas air matang. Aduk hingga madu larut. Berikan kepada anak 3 kali sehari.

Setelah minum madu biarkan anak untuk beristirahat atau tidur agar cepat pulih kembali. Madu sangat mudah dicerna dan masuk ke dalam peredaran darah sehingga hasilnya sebagai penurun demam akan lebih cepat. Selain itu, madu tidak akan menimbulkan efek samping dan ketergantungan seperti saat menggunakan obat kimia untuk menurunkan demam pada anak.

Madu yang diperoleh secara alami akan lebih aman diberikan kepada anak-anak saat terserang demam. Khasiat madu untuk anak demam akan lebih optimal jika diberikan secara teratur dan disertai dengan beristirahat serta makan makanan yang bergizi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *