Khasiat Madu Bagi Anak Balita

Besarnya Khasiat Madu Bagi Anak Balita

Khasiat madu bagi anak balita sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan sejak dini anak-anak telah diberikan madu dengan tujuan untuk kesehatan dan memperkuat daya tahan tubuh. Madu yang dihasilkan oleh lebah memiliki rasa manis sehingga sangat disukai oleh anak-anak.

Khasiat Madu Bagi Anak Balita

Kandungan dalam Madu

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Kandungan zat yang ada di dalam madu juga dapat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini zat berkhasiat yang terkandung di dalam madu.

  1. Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6 dan Vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan dan pengaturan fungsi saraf. Vitamin B2 bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan fungsi reproduksi.Vitamin B5 bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan hormon adrenalin.Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempertahankan keseimbangan hormon.Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan sebagai zat antioksidan.
  2. Karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari fruktosa, glukosa, maltose dan sukrosa.
  3. Protein. Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Asam amino, asam tartarat, asam malat, asam oksalat, asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam format dan asam glikolat.
  5. Mineral. Mineral terdiri dari tembaga, kalsium, belerang, besi, mangan, klor, pospor, magnesium, kalium, yodium, silikon, seng, natrium, aluminium dan molibdenum.

Khasiat pada Madu

Meskipun terdapat banyak khasiat madu bagi anak balita namun sebaiknya memberikan madu setelah anak berusia di atas satu tahun. Sebelum anak berusia setahun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu karena sistem pencernaannya belum sempurna sehingga belum dapat menangkis serangan spora Clostridium botulinum yang menyebabkan infant botulisme. Efeknya dapat menyebabkan keracunan pada bayi.

Berikut ini beberapa khasiat madu jika diberikan pada anak balita :

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan.
READ  Ampuhnya Khasiat Madu untuk Anak Demam

Madu dapat membantu proses pertumbuhan balita menjadi lebih optimal. Karena usia balita merupakan masa pertumbuhan maka membutuhkan nutrisi dan gizi yang dapat menunjang pertumbuhannya. Salah satunya dapat diperoleh dari mengkonsumsi madu. Dengan memberikan madu sehari dua kali dapat membantu pertumbuhannya.

  1. Meningkatkan kecerdasan.

Madu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf pada otak dan otomatis akan menambah kecerdasannya.

  1. Sumber vitamin.

Kandungan Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C pada madu dapat memenuhi kebutuhan balita terhadap asupan vitamin.

  1. Meningkatkan energi.

Balita merupakan masa-masa yang aktif dan energik. Di masa ini mereka membutuhkan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan energinya. Dengan memberikan madu dapat mencukupi kebutuhannya sebagai asupan energi. Kandungan fruktosa pada madu dapat memberikan asupan energi bagi balita yang aktif.

  1. Menyehatkan pencernaan.

Balita yang sedang di masa pertumbuhannya dengan segala keaktifannya sering memasukkan benda-benda ke mulut. Kebiasaan ini dapat memasukkan bakteri ke sistem pencernaanya. Dengan teratur memberikan madu kepada balita dapat bermanfaat melawan bakteri yang masuk ke pencernaannya karena madu mengandung bakteri baik dan berfungsi menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Menyembuhkan luka pada kulit.

Madu dapat bermanfaat sebagai antiseptik yang akan mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Jika balita terjatuh atau luka di kulit dapat dioleskan madu secukupnya.

  1. Menyembuhkan batuk.

Madu mengandung antioksidan yang dapat meredakan batuk pada balita lebih cepat. Kandungan nutrisi didalamnya juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk.

Khasiat madu bagi anak balita akan lebih terasa manfaatnya jika diberikan secara teratur pada balita. Setelah melihat manfaat madu yang dapat menunjang pertumbuhan, kesehatan, dan kecerdasannya maka berikan madu kepada balita secara teratur.

admin

One Response to “Besarnya Khasiat Madu Bagi Anak Balita”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trackbacks and Pingbacks:

  1. Khasiat Madu untuk Kecerdasan Anak Balita

    […] yang merupakan cairan dari lebah memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk balita. Salah satu manfaat dan khasiat madu untuk balita adalah sebagai nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan otak. Madu telah banyak diteliti dan […]