lebah hisap bunga nektar

Bagaimana Proses Pembuatan Madu Oleh Lebah ?

Setiap mendengar madu, maka yang teringat adalah cairan kental berwarna ke-emasan dengan rasa yang manis. Produk madu sangat banyak kita jumpai sehari-hari, mulai dari minuman hingga diolah dalam bentuk lain seperti selai atau olahan makanan. Madu juga diproses untuk dewasa dan madu anak.hasil olahan madu

 

Kita juga tahu bahwa madu yang kita minum didapatkan dari sarang lebah madu yang telah diperas atau diambil cairan madunya.

Lalu tahukah anda bagaimana proses lebah bisa menghasilkan madu ?

  • Pertama-tama lebah melakukan pengumpulan nektar. Nektar sering juga disebut sari bunga adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga yang terdiri dari air yang mengandung gula kompleks. Nektar ini digunakan oleh bunga pada waktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga. Oleh karena harus menunggu mekarnya bunga-bunga, maka biasanya proses pencarian nektar ini berlangsung selama musim panas.lebah hisap bunga nektar
  • Lebah biasanya hinggap dari satu bunga ke bunga lainnya untuk dihisap nektarnya. Lebah menghisap nektar dengan menggunakan lidahnya yang menyerupai belalai yang disebut juga proboscis. Setelah dihisap dengan proboscis ini maka nektar tersebut akan terkumpul di dalam perut lebah. Lebah pekerja yang bertugas mencari nektar ini adalah lebah perempuan yang belum terlalu dewasa. Lebah pencari nektar ini berkerja terus menerus mengunjungi bunga-bunga. Karena beban pekerjaan yang cukup berat ini, biasanya lebih pengumpul nektar ini hidup hanya enam minggu.
  • Berikutnya setelah nektar terkumpulkan maka lebah pengumpul nektar ini akan kembali ke sarangnya. Sampai disarangnya maka lebah lainnya akan menghisap nektar yang berada di perut lebah pengumpul nektar tadi dengan menggunakan proboscis juga.proboscis lebah untuk hisap nektar
  • Biasanya lebah pekerja penghisap nektar dari perut lebah lainnya adalah lebah pekerja yang lebih muda. Lebah pekerja ini kemudian menambahkan berbagai zat enzim dari mulutnya untuk mengubahnya menjadi madu. Madu ini sering juga disebut madu mentah. Proses pencampuran ini berlangsung sekitar 20 – 30 menit.
  • Proses berikutnya adalah menyimpan madu mentah tadi kedalam sarang hexagonal lebah yang sudah disiapkan. Madu mentah ini masih memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 85% dan mengandung sukrosa tinggi.proses sarang lebah di isi nektar bunga
  • Proses berikutnya adalah penguapan atau pengeringan kadar air. Ada hal yang unik yang dilakukan lebah untuk mengurangi kadar air pada madu mentah, yaitu dengan mengepakkan sayapnya. Kepakan sayap lebah yang sangat cepat ternyata bisa membantu mempercepat proses penurunan kadar air pada madu mentah. Selain dengan melakukan pengepakan sayap yang terus menerus secara bergantian, penguapan juga dibantu oleh suhu sarang yang hangat dan proses pengaliran udara dari bentuk sarang hexagonal.
  • Setelah kadar air berkurang pada level tertentu sekitar 17%-22%, maka madu akan matang dan segera akan disimpan dan dilindungi dengan zat lilin yang berasal dari lembaran dibawah perut lebah. Zat lilin pelindung ini dikenal juga dengan nama propolis. Propolis ini juga sering dimanfaat kan untuk pengobatan.
  • Madu yang sudah matang ini lah yang siap digunakan oleh koloni lebah sebagai sumber makanannya. Dan madu matang ini juga yang biasanya dipanen oleh manusia.sarang lebah yang matang dan jadi madu
READ  Bagaimana cara mengecek madu asli (kemurnian madu) di rumah?

Perlu diketahui bahwa upaya lebah untuk membuat dan menghasilkan madu berlangsung sangatlah kompleks dan terorganisir dengan baik. Bahkan selain membuat, lebah juga menjaga kualitas madu yang dihasilkan.

Didalam sarang terdapat struktur yang memungkinkan bakteri tidak dapat berkembang biak dan menjaga zat-zat asing masuk ke sarang lebah.

Biasanya sudah terdapat “piket jaga sarang” yang selalu berjaga di pintu sarang, yang tugasnya mencegah adanya benda asing atau serangga lain yang memasuki sarang.

Untuk benda asing yang besar yang tidak dapat dibuang, maka lebah melakukan pembalseman dengan menggunakan zat propolis.

Bentuk sarang juga dijaga dari kerusakan. Jika ada keretakan lebah akan segera menambal atau memperbaikinya.

Maka sangat wajar bila madu dijuluki minuman yang istimewa, karena proses pembuatannya juga istimewa, berasal dari sari bunga yang manis, di proses dengan proses yang baik dan terjaga kualitasnya. Dan madu adalah satu-satunya makanan yang dimakan manusia yang diproduksi oleh serangga. Silahkan baca Beberapa fakta Menarik tentang Lebah Penghasil Madu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *