Khasiat Madu Untuk Anak Penderita Diare

Selama ini madu memang dikenal sebagai obat alami yang sangat manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit, begitu pula dengan penderita diare. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Penyakit diare atau mencret merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering diderita oleh masyarakat. Penyakit ini sering terjadi ketika kondisi tubuh kurang terjaga dan tingat kebersihana makanan yang dikonsumsi juga kurang diperhatikan.

Orang yang terkena diare maka akan merasakan lemas yang luar biasa, hal ini diarenakan penderita mengalami dehidrasi karena terus buang BAB berkali-kali secara cair. Diare umumnya disebabkan oleh virus ataupun bakteri seperti protozoa dan parasit. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh gangguan alergi atau keracuanan bahan makanan. Jika terus dibiarkan maka penyakit diare juga bisa berakbat fatal.

Khasiat Madu Untuk Anak Yang Menderita Diare

Melawan Bakteri yang Menyebabkan Diare

Tidak sedikit orang yang sudah membuktikan khasiat madu dalam mengatasi diare atau mencret. Bahkan menurut penelitian, madu murni memiliki aktivitas bakterisidal yang dapat melawan organisme entopthogenic seperti salmonela, shigela dan E Coli 3. Madu secara otomatis akan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi parah pada bagian paru-paru, tulang dan kulit.

Selain itu, madu juga terbuktu ampuh untuk mengobati diare, madu akan mengurangi frekwensi diare latnaran mempunyai kemampuan untuk membentuk jaringan granulasi. Selain itu, madu juga dapat membantu penderita dalam memperbaiki kerusakan pada krite usus karena bersifat prebiotik sehingga bisa membunuh berbagai kuman dan bakter yang menyebabkan diare pada anak.

Meningkatkan Bakteri Baik

Khasiat madu pada anak selanjutnya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang sifatnya baik serta menghambat bakteri jahat. Madu dapat membantu pertumbuhan bakteri bifido. Dimana, bakteri bifido ini mempunyai peran baik dalam menjaga kesehatan pada pencernaan. Selain itu, madu juga dapat menghambat bakteri jahat seperti helicobacter pylori yang bisa membuat luka dibagian lambung.

READ  Bagaimana cara mengecek madu asli (kemurnian madu) di rumah?

Terhindar dari Dehidrasi

Begitu banyak manfaat madu bagi kesehatan, salah satunya adalah bagi mereka penderita diare. Madu bisa membantu penyerapan air serta elektrolit sehingga bisa menghalangi bakteri E Coli yang bisa menyebabkan terjadinya diare. Apabila kebutuhan elektrolit serta air bisa terpenuhi dengan baik otomatis akan menghindarkan penderita dari bahaya dehidrasi. Tentu, hal ini bisa terjadi jika madu yang dikonsumsi benar-benar madu asli yang kaya akan manfaat.

Menyerap Cairan Fases

Khasiat madu untuk anak yang menderita diare selanjutnya adalah dapat mengurangi cairan berlebihan di kotoran sehingga fases yang dikeluarkan tidak berwujud cair. Akan tetapi, fases yang keluar akan semakin padat, apabila sudah menemui tanda-tanda seperti ini maka bisa dikatakan penyakit diare anak akan segera sembuh.

Melindungi Lambung

Khasiat madu berikutnya adalah dapat membantu lambung terhindar dari luka serta melindungi lampung dari resiko terjadinya iritasi dengan cara melapisinya. Begitu banyak manfaat yang didapatkan saat orang terserang diare dengan mengkonsumsi madu asli.

Itulah beberapa khsiat yang bisa didapatkan saat anak terserang diare dan mengkonsumsi madu asli. Pada dasarnya, penggunaan madu tersebut bisa melalui beberapa cara seperti dicampurkan pada bahan makanan yang ingin dikonsumsi seperti gandum lalu diminum. Air, madu dan gandung akan mengganti peranan cairan yang telah hilang sehingga terhindar dari dehidrasi,  mengulum madu setiap dini hari sebelum sarapan. Apabila Anda menderita penyakit empedu maka sebaiknya tambahkan sedikit cuka apel.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *