Cara Membedakan Madu Untuk Anak Yang Asli Vs Palsu

Madu memang salah satu bahan alami yang kerap digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk produk kecantikan, kesehatan hingga pengobatan. Kebutuhan yang semakin besar inilah sehingga menjadikan madu palsu banyak beredar di pasaran. Memang untuk membedakan antara madu asli dengan madu palsu terbilang cukup suit. Bahkan, dilihat dari kemasannya saja sudah sama persis dengan aslinya sehingga membuat kita merasa benar-benar kebingungan.

Pada dasarnya madu terbuat dari bahan nektar yang diperoeh dari lebah bunga. Kemudian nektar tersebut akan berkumpul di sarang lebah sampai menjalani tiga fase pengolahan didalamnya. Tentu, proses menghasilkan madu terjadi pada tahap ketiga sehingga akan keluar madu murni. Madu asli memiliki warna kecoklatan, begitu pula dengan madu palsu yang telah dikemas semirip mungkin. Lantas bagaimana cara memilih madu asli dengan tepat? berikut ulasannya.

Cara Membedakan Madu Untuk Anak Yang Asli Vs Palsu

  • Tes Madu dengan Menggunakan Air

Madu murni merupakan olahan nektar yang tidak memiliki kandungan air. Sehingga, kita bisa melakuan tes sederhana dari kandungan yang terdapat pada madu. Tuangkan air mineral pada tempat yang terbuat dari kaca, setelah itu tambahkan satu sendok madu apakah hasilnya madu akan tercampur atau tidak? Madu asli tidak akan mudah tercampur dengan air tapi akan mengental dan tenggelam pada bagian bawah gelas. Sementara, madu pasu aan tercampur dengan air dan tidak mengental. 

  • Tes Madu dengan Metode Kristalisasi

Pada tahap ketiga pengolahan madu akan mengeluarkan semua air dan hanya menyisakan enzim khusus yang tidak mudah rusak apabila disimpan. Proses kristalisasi ini bisa Anda lakukan dengan menyimpan madu untuk anak di botol kaca. Madu asli akan menunjukkan bahwa dirinya berada dibawah permukaan kaca yang terlihat kental membentuk layaknya kristal. Sementara madu palsu tidak akan membentuk endapan kristal pada bagian bawah, bahkan madu justru terlihat sangat cair.

  • Tes Kelengketan Madu
READ  Khasiat Madu Untuk Anak Penderita Diare

Seperti yang kita ketahui bahwa madu memang memiliki tingkat kelengketan yang tinggi sehingga terkadang sangat sulit untuk dihapus jika diletakkan apda kulit. Sayangnya, untuk membedakan hal ini terkadang para tangan nakal sudah mencampurkan madu dengan gula sehingga memiliki kekentalan yang serua. Meski demikian, Anda tetap dapat mengetesnya dengan menggunakan jari-jari tangan yang ditambahkan madu lalu biarkan selama beberapa menit.

Madu asli akan terlihat sangat kuat, meskipun akan meleleh tapi tetap enggan untuk dipisahkan dari tangan. Sementara madu palsu memiliki tingkat kelengketan yang tinggi, jika ditempelkan menggunakan jari lain maka bagian madu akan terus melekat.

  • Tes Madu Menggunakan Kertas

Madu asli bisa kita lihat dengan kandungan air yang sangat sedikit atau tidak ada sama sekali. Hal ini berbeda dengan kandungan madu palsu yang telh dicampurkan dengan air dan gula. Untuk melihat komposisi ini dengan jelas maka Anda bisa menuangkannya pada kertas. Sebaiknya pisahkan kertas untuk madu yang asli dengan yang palsu. Setelah kurang lebih tiga menit maka hasilnya:

Madu asi akan memiliki kadar air yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali pada bagian kertas yang telah ditetesi madu dan tidak akan menimbulkan kertas berlubang. Berbeda dengan madu palsu yang mengandung air maka otomatis kertas akan langsung tembus pada kertas dan berlubang.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui tingkat keaslian atau kepalsuan madu untuk anak. Tidak sulit bukan? mengingat, banyaknya madu yang telah beredar di pasaran dan sangat berbahaya jika dikonsumsi sehari-hari.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *