6 Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Tumbuh kembang bayi merupakan fase yang sangat penting. Untuk itulah kesehatan serta berat badan yang idel bagi bayi selalu menjadi perhatian para orang tua. Jika berat badan bayi kurang, maka bisa saja aktivitas dan perkembangannya menjadi terganggu. Untuk itulah bayi perlu mendapatkan asupan makanan penambah berat badan bayi.
Masa memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah masa-masa yang krusial. Karena pada masa itulah bayi mulai dikenalkan dengan berbagai macam rasa dan tekstur makanan. Pada masa itu juga berat badan bayi dimonitor agar tidak berlebih mau pun kekurangan.

makanan penambah berat badan bayi

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi

  1. Alpukat
    Alpukat merupakan sumber lemak baik yang bagus untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral pada alpukat juga sangat baik untuk kesehatan bayi. Cara memberikannya juga cukup mudah, tinggal hancurkan alpukat yang sudah matang dengan sendok, kemudian jadikan sebagai menu mpasi buah hati Anda.
    Untuk menu mpasi memang tidak boleh ada garam dan gula. Jadi jangan campur alpukat dengan gula karena malah akan mengubah lemak baik dalam alpukat menjadi lemak jahat. Lagi pula, gula tidak baik diberikan pada bayi usia 6 bulan.
  2. Pisang
    Salah satu sumber energi dan vitamin yang baik digunakan sebagai makanan penambah berat badan bayi adalah pisang. Pilihlah pisang yang sudah matang serta bercitarasa manis untuk. Untuk menu mpasi awal, Anda bisa memberikannya dengan cara dihaluskan, tapi jika sudah menginjak usia delapan bulan Anda bisa memberikan potongan–potongan kecil pisang kepada buah hati Anda.
  3. Ubi Manis
    Ubi manis memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, begitu pula dengan kandungan mineralnya. Ubi manis juga mengandung gula alami yang baik untuk energi dan juga kaya akan beta karoten serta magnesium dan potasium. Cara menyajikannya juga cukup gampang, hanya dengan dikukus dan dihaluskan, ubi manis siap untuk jadi menu mpasi si kecil.
  4. Kentang
    Sebagai sumber karbohidrat selain nasi, kentang bisa menjadi alternatif untuk menu mpasi. Cukup kukus dan dihaluskan bersama dengan keju atau hati ayam. Bisa juga dengan sayuran untuk menambah serat bagi si kecil.
  5. Pear
    Vitamin B6, Vitamin C, Zinc, serta sumber serat yang baik adalah manfaat dari buah pear yang tentunya bagus untuk buah hati Anda. Jangan berikan pear dengan cara dikukus, karena malah akan menghilangkan sebagian besar vitamin yang ada di dalamnya, dan tidak akan efektif untuk dijadikan makanan penambah berat badan bayi.
    Sebaiknya pear disajikan dengan dijadikan puree, atau dijus dengan slow juicer. Anda bisa mencampurkan buah-buahan lain sebagai variasi dari buah pear. Apel, anggur, melon dan buah lainnya sangat cocok digabungkan dengan pear yang memiliki kandungan air sangat banyak ini.
  6. Keju
    Walau pun bukan sebagai menu mpasi utama, namun keju memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan bayi Anda. Keju memiliki kandungan fosfor, selenium dan kalsium yang tinggi, sama seperti susu karena keju merupakan produk turunan susu. Keju dapat diberikan pada bayi berusia di atas delapan bulan. Anda dapat mencampurkan keju dengan salad buah segar atau menu lain bersama dengan kentang tumbuk atau ubi manis.
READ  Tips Gemuk Badan yang Terbukti Manjur

Ada banyak makanan penambah berat badan bayi yang dapat kita ambil dari buah dan sayuran segar serta bahan alami lain di sekitar kita. Produk instan seperti bubur dan biskuit bayi memang aman, tapi lebih baik jika diberikan sebagai selingan saja.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *