Cara Menambah Berat Badan Anak Secara Alami dan Mudah

Anak-anak yang sehat memiliki pertumbuhan dan perkembangan optimal sesuai dengan usianya. Demikian pula dengan pertumbuhan berat badannya. Biasanya untuk mengetahui pertumbuhan anak didasarkan dari berat badannya. Berat badan yang sesuai dengan grafik pertumbuhannya berarti termasuk anak sehat dan telah tumbuh optimal. Sedangkan jika berat badannya berada di bawah grafik maka pertumbuhannya kurang optimal. Orang tua yang memiliki anak dengan berat badan kurang akan mencari cara menambah berat badan anak secara alami terlebih dahulu.

Melalui Asupan Makanan

Anak-anak dengan berat badan yang gemuk sering dianggap lebih sehat dan lebih menggemaskan daripada anak dengan berat badan kurang atau kurus. Orang tua yang memiliki anak dengan berat badan kurang akan berusaha untuk menaikkan berat badan buah hatinya dengan berbagai cara. Mungkin saja dengan memberinya vitamin penambah nafsu makan dan memberikan asupan makanan yang lebih banyak.

Setiap usia anak membutuhkan asupan makanan dengan kadar yang berbeda. Misalnya anak yang berusia 2-3 tahun membutuhkan kalori sebesar 1.000 kkal per hari dan anak yang berusia 4-8 tahun membutuhkan kalori sebesar 1.200-1.400 kkal per hari. Untuk menaikkan berat badan anak sekitar 5 ons per minggu dibutuhkan tambahan kalori sebesar 3.500 kkal.

Selain menambah asupan kalori juga dapat ditambah dengan asupan lemak. Dengan menambah asupan lemak pada makanan anak dapat lebih cepat untuk meningkatkan berat badannya karena lemak mengandung kalori yang lebih tinggi daripada jenis makanan lainnya. Berikan bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keju, saus krim, dan susu.

Cara menambah berat badan anak secara alami dapat juga dengan menambah asupan karbohidrat pada makanan anak sehari-hari. Karbohidrat mengandung kalori dengan kadar yang tinggi meskipun tidak setinggi di dalam lemak. Berikan makanan yang mengandung karbohidrat dengan kandungan kalori tinggi seperti buah kering, kismis, sereal oatmeal dan sari buah atau madu.

READ  Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit

Pastikan agar anak-anak selalu makan secara teratur. Anak-anak harus dibiasakan untuk makan teratur 3 kali sehari dengan dua kali makanan selingan diantara waktu makan. Jika anak-anak tidak makan teratur dan melewatkan jam makannya dapat mengurangi asupan kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badannya. Apalagi jika anak beraktifitas secara aktif justru akan memicu pengurangan berat badan yang lebib banyak lagi.

Melalui Asupan Minuman

Anak-anak biasanya sulit untuk menerima asupan makanan yang lebih banyak. Untuk memenuhi kebutuhan kalorinya dapat diberikan minuman dengan kandungan kalori yang tinggi. Misalnya saja dengan memberinya susu segar, jus buah segar, smoothies, dan yoghurt. Minuman tersebut mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan anak.

Pilih susu dengan kandungan kalori lebih tinggi. Sekarang telah banyak tersedia susu yang diformulasi khusus untuk menambah berat badan anak. Rasanya juga sangat enak yang akan membuat anak-anak merasa ketagihan.

Berolahraga

Meskipun anak-anak harus meningkatkan berat badannya tetapi tidak lantas bermalas-malasan. Biasakan anak-anak untuk berolahraga. Dengan berolahraga maka peredaran darah menjadi lancar, tubuh menjadi segar dan dapat merangsang pertumbuhan ototnya.

Setelah anak-anak berolahraga harus diberikan asupan makanan dan minuman yang tinggi kalori. Misalnya berikan jus buah segar sebagai pelepas dahaga setelah lelah berolahraga.

Cara menambah berat badan anak secara alami ternyata sangat mudah. Untuk menambah berat badan anak tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia yang justru memberikan efek samping kepada anak. Berikan asupan makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi untuk menambah berat badan anak. Salah satu jenis minuman bergizi tinggi untuk anak adalah Madu Anak Antariksa.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *