madu dan khasiat nya untuk anak

Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak

Madu sebagai suplemen alami memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Hal ini sudah terbukti sejak dahulu. Selain untuk orang dewasa, anak yang dalam masa pertumbuhan justru sangan dianjurkan untuk meminum madu.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada madu sangat berlimpah, seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, E, K, uric acid dan asam nikotinal. Terlebih lagi vitamin tersebut sangat mudah diserap tubuh kurang lebih 1 jam setelah meminumnya ini jauh berbeda jika mengkonsumsi makanan lain yang juga mengandung vitamin seperti pada buah dan sayuran. Keistemewaan ini lah yang dimanfaatkan untuk kesehatan terutama kesehatan anak.

madu dan khasiat nya untuk anak

Kandungan Madu yang Bermanfaat dan Berkhasiat Untuk Anak

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dan khasiat madu untuk anak, sedikit coba kita lihat kandungan utama pada madu :

  1. Fruktosa

Fruktosa atau gula buah, adalah monosakarida yang ditemukan di banyak jenis tumbuhan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa, yang bisa langsung diserap ke aliran darah selama pencernaan. (Wikipedia)

Manfaat dari fruktosa ini adalah : Mendukung Metabolisme Tubuh, Mengendalikan Kadar Gula Darah, Mendukung Pembentukan Lemak dan Penyedia Tenaga.

  1. Glukosa

Manfaat dari glukosa ini adalah : Sebagai Penyedia Tenaga, Sebagai Pendukung Proses Metabolisme, Sebagai Bahan Bakar Otak, Memperbaiki dan Memulihkan Otot.

  1. Maltosa

Sebagai pereduksi gula bersama dengan laktosa

  1. Sukrosa

Sukrosa berfungsi sebagai sumber energi dan cadangan lemak

  1. Air

Banyak sekali manfaat air bagi tubuh apalagi tubuh sebagian besar terdiri dari air.

  1. Vitamin

Vitamin sangat bermanfaat membantu tubuh dalam segala proses dan aktifitasnya.

Lalu selain dari kandungan nutrisi yang melimpah apa saja sih Manfaat dan Khasiat Madu untuk anak ? berikut beberapa point yang bisa kami rangkum :

  1. Dapat melancarkan fungsi pencernaan pada anak.
  2. Meningkatkan secara optimal perkembangan otak anak.
  3. Meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.
  4. Membantu menjaga keseimbangan asupan gizi anak
  5. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  6. Membantu Mencegah anak mengompol pada malam hari.
READ  Besarnya Khasiat Madu Bagi Anak Balita

Berikut penjelasan dari masing – masing Khasiat dan Manfaat madu untuk anak di Atas :

  1. Dapat melancarkan fungsi pencernaan pada anak.

Kandungan fruktosa dan glukosa pada madu sangat baik untuk membantu proses metabolisme, dimana metabolisme yang baik juga akan melancarkan fungsi pencernaan. Selain itu madu memiliki kandungan kalium. Kalium mampu meningkatkan kinerja bagian pencernaan dan juga membentuk lapisan alkali yang membantu penyembuhan dari lambung yang terasa sakit.

  1. Meningkatkan secara optimal perkembangan otak anak.

Berbagai zat yang terdapat dalam madu berkhasiat bagi perkembangan otak anak, terutama glukosa atau zat gulu yang sangat dibutuhkan otak untuk melaksanakan fungsinya secara optimal.

  1. Meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.

Di dalam kandungan madu terdapat banyak sekali nutrisi seperti zat besi dan tembaga, dimana zat tersebut membantu meningkatkan pertumbuhan anak secara optimal.

  1. Membantu menjaga keseimbangan asupan gizi anak.

Madu kaya akan Vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini kadang tidak terdapat pada makanan yang dimakan oleh anak. Oleh karena itu dengan pemberian madu ini secara rutin dan teratur tentu akan membantu keseimbangan gizi anak. Ini membuat daya tahan tubuh meningkat dan mengoptimalkan pertumbuhannya.

  1. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Beberapa penyakit yang sering diderita anak adalah, flu, demam, batuk dan pilek. Dengan rutin dan teratur meminum madu tentu akan mengurangi timbulnya penyakit di atas. Untuk anak yang sudah terkena sakit., madu mampu mempercepat pemulihannya.

  1. Membantu Mencegah anak mengompol pada malam hari.

Satu hal lagi dari keistemewaan madu ini adalah untuk mencegah anak mengompol pada malam hari. Madu dengan sifat hidroskopisnya mampu menyerap uap lembab udara. Levulosa dalam madu memiliki kemampuan untuk menarik uap gula dengan kuat. Kemampuan penyerapan madu ini telah diselidiki dalam roti dan kue kering. Yang berisi madu, yang akan tetap lembab dan memiliki rasa yang enak. Karena kemampuan madu untuk menyerap kelembaban maka dimanfaatkan untuk menarik dan menahan cairan dalam tubuh anak-anak pada waktu tidur, sehingga kebiasaan anak untuk mengompol dapat dikurangi bahkan tidak terjadi.

READ  Khasiat Madu untuk Kecerdasan Anak Balita

Untuk memaksimalkan daya serap ini, madu sebaiknya jangan disimpan dalam lemari es, tapi carilah tempat tidak terlalu hangat dan tidak terlalu lembab namun tertutup rapat.

Demikian beberapa khasiat dan manfaat dari madu, yang tentu saja sayang untuk tidak kita manfaatkan sebagai anugerah Tuhan melalui alam. Memang untuk mendapatkan madu yang murni dan asli tentu tidaklah mudah. Bahkan kalau mencoba menternakkan lebah juga tidak semudah beternak ikan atau ayam.

manfaat dan khasiat madu antariksa untuk anak

Oleh karena itu kami rekomendasikan Madu Anak Antariksa, yang sudah terbukti khasiat dan manfaatnya dikarenakan keaslian madu dan kualitas bahan lainnya dijaga dengan ketat dan terstandar. Hal ini dilakukan agar khasiat dan manfaat dari madu ini bisa benar-benar dirasakan oleh anak.

Save

admin

3 Responses to “Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trackbacks and Pingbacks:

  1. Madu Anak

    […] Manfaat madu bagi anak bisa dibaca pada tulisan ini : Manfaat dan Khasiat Madu Untuk Anak […]

  2. Manfaat Madu Untuk Flu Anak

    […] pada madu tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Manfaat madu untuk flu anak sebenarnya sudah diketahui sejak dahulu. Namun saat ini sering tergeser oleh […]

  3. Khasiat Madu Bagi Anak Balita

    […] Khasiat madu untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Kandungan zat yang ada di dalam madu juga dapat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini zat berkhasiat yang terkandung di dalam madu. […]