manfaat madu untuk anak flu

Manfaat Madu untuk Flu Anak. Ampuhkah?

Madu mengandung berbagai nutrisi dengan kadar yang tinggi. Kandungan nutrisi pada madu tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit dan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Manfaat madu untuk flu anak sebenarnya sudah diketahui sejak dahulu. Namun saat ini sering tergeser oleh obat-obat flu dari bahan kimia yang beredar di pasaran.

Flu pada Anak

manfaat madu untuk anak fluSaat anak menderita flu akan membuatnya merasa tidak enak badan sehingga sering rewel. Sakit flu memang sangat menderita karena akan terasa pusing, sumeng, demam dan badan terasa ngilu. Orang dewasa yang sedang mengalami flu sering uring-uringan dan tidak enak badan. Apalagi jika flu diderita oleh anak-anak. Biasanya orang tua akan berusaha untuk memberikan obat flu dari bahan kimia yang dianggap ampuh melawan virus penyebab flu.

Saat anak sedang dalam kondisi tubuh yang menurun dan ditambah dengan cuaca ekstrem dapat mengakibatkan anak mudah terserang flu. Virus flu mudah menular terutama kepada anak-anak dan di saat daya tahan tubuhnya menurun.

Untuk menjaga agar anak-anak tidak mudah tertular penyakit flu maka harus dijaga pola makan dan pola hidup sehatnya. Berikan asupan makanan yang bergizi dengan nutrisi optimal. Perbanyak minum air putih dan sebaiknya menghindari minuman dingin terutama di saat cuaca sedang ekstrem.

Jaga pola hidup sehat anak-anak seperti berolahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga maka peredaran darah tubuh menjadi lebih lancar dan badan menjadi lebih segar. Biasakan anak-anak untuk selalu mencuci tangan terutama setelah bermain di luar dan sebelum makan.

Madu untuk Mengobati Flu Anak

Madu mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina. Kandungan nutrisi yang ada di dalam madu diantaranya adalah karbohidrat, protein, asam lemak, kalsium, natrium, fosfor, besi, kalium, aluminium, magnesium, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, asam folat, dan juga Vitamin K.

READ  Ampuhnya Khasiat Madu untuk Anak Demam

Manfaat madu untuk flu anak dapat diperoleh dari kandungan madu yang tinggi nutrisi tersebut. Ternyata khasiat madu untuk mengobati flu telah diketahui sejak dahulu. Madu sering digunakan sebagai obat flu herbal yang dicampur dengan bahan herbal lainnya seperti air perasan jeruk nipis.

Madu memiliki rasa yang manis alami. Rasa manis tersebut dapat membantu sebagai pemicu keluarnya lendir dan air liur. Produksi lendir dan air liur yang meningkat tersebut akan membasahi kerongkongan dan dapat melegakan saluran pernapasan. Khasiat ini hampir sama dengan cara kerja dekstrometorpan yang menjadi komposisi dari obat flu.

Jika madu diberikan pada anak-anak sebelum mereka tidur di malam hari maka pada harinya batuk dan flu akan terasa mereda. Namun sebaiknya madu diberikan pada anak yang telah berusia setahun keatas. Anak-anak yang berusia satu tahun ke bawah masih memiliki sistem pencernaan kurang sempurna. Jadi ada kemungkinan anak yang diberikan madu saat berusia di bawah satu tahun dapat mengalami diare.

Berikan madu sebanyak satu sendok makan secara rutin dua kali sehari. Bisa juga diberikan madu yang telah dilarutkan dengan segelas air kemudian diminumkan kepada anak-anak. Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal dapat ditambahkan perasan air jeruk nipis. Air jeruk nipis dan madu dapat melegakan tenggorokan, memperkuat daya imunitas tubuh serta  memberikan rasa segar.

Manfaat madu untuk flu anak dapat dicoba diberikan. Madu sebagai obat flu alami tidak menimbulkan efek samping seperti obat flu berbahan kimia.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *