Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi dengan Efektif

Mengatasi batuk pada bayi tidak selalu harus menggunakan obat. Ada banyak cara alami yang bisa diterapkan untuk mengusir penyakit membandel yang sering datang terutama saat musim pancaroba ini. Bayi memang lebih rentan terhadap batuk dibandingkan dengan orang dewasa, untuk itulah tindakan pencegahan juga harus dilakukan setelah sembuh agar batuk tidak kembali lagi.
Jika bayi sedang batuk yang harus diperhatikan adalah jangan buru-buru memberikan obat. Pastikan bayi selalu dalam keadaan hangat karena akan membantu bayi merasa nyaman dan mengurangi rewel. Selain itu pastikan agar bayi selalu mendapat asupan cairan yang cukup untuk mengurangi dehidrasi dan membantu agar dahak tidak mengental yang menyebabkan gatal.

mengatasi batuk pada bayi

Langkah Mengatasi Batuk Pada Bayi

  • Menjemur Dibawah Sinar Matahari
    Menjemur bayi pada pagi hari selain membantu tubuh bayi mendapat vitamin D bagi kesehatan tulang ternyata juga bisa mengurangi gejala batuk pada bayi. Saat menjemur bayi, pijat dengan lembut bagian dada dan punggung bayi. Saat memijat bagian punggung ada beberapa bayi yang mengalami muntah, ini adalah bagian dari proses pengeluaran dahak, jadi jangan panik.
  • Menguap Bayi
    Selain dengan menjemur, langkah mengatasi batuk pada bayi selanjutnya adalah dengan melakukan penguapan. Untuk proses ini Anda bisa menggunakan minyak esensial yang aman bagi bayi.
    Caranya cukup mudah. Teteskan minyak esensial ke dalam baskom yang berisi air panas di dalam kamar mandi. Gendong bayi Anda masuk ke dalam kamar mandi dan kunci pintunya. Uap akan memenuhi kamar mandi dan biarkan bayi menghirup aromanya.
  • Pijat Bawang Merah
    Bawang merah sudah dipercaya sejak dulu sebagai pengganti kerokan pada orang dewasa karena efeknya yang menghasilkan panas. Kandungan senyawa kimia yang ada dalam bawang merah membantu meringankan batuk dan melegakan pernapasan.
    Cukup ambil beberapa siung bawang merah dan memarkan. Gosokkan pada punggung bayi dengan gerakan memijat yang lembut. Jangan terlalu banyak memberikan bawang merah karena akan menimbulkan panas yang berlebihan pada kulit bayi. Jika sudah bersihkan tubuh bayi dengan handuk bersih.
  • Memijat pada Bagian Dada Bayi
    Memberikan pijatan yang berkala pada bayi bisa mengatasi batuk pada bayi. Selain itu pijatan itu dapat mempererat ikatan antara ibu dan anak. Pijat menggunakan minyak telon pada dada, punggung serta kaki bayi agar dia senantiasa merasa hangat dan nyaman. Pijatan juga mengurangi kecapekan pada bayi yang terus menerus batuk.
  • Tinggikan Bantal Bayi
    Tindakan ini juga sering dilakukan oleh orang dewasa ketika sedang batuk dan hidung tersumbat. Saat bayi akan tidur, pastikan posisi kepalanya lebih tinggi dari dada. Ini akan cukup membantu mengurangi batuk sehingga bayi akan tidur dengan lebih nyenyak.
  • Beri Madu
    Madu sangat baik bagi kesehatan anak. Meminum madu murni secara rutin akan membantu menjaga stamina, dan jika diminum pada saat batuk akan mengurangi dahak yang ada di tenggorokan. Caranya cukup mudah, berikan bayi Anda satu sendok teh madu murni sebelum beranjak tidur. Lakukan ini secara rutin dan bayi Anda akan terbebas dari batuk yang mengganggu.
READ  Tips Memilih Obat Batuk untuk Bayi

Selain obat-obatan, melakukan terapi seperti di atas sangat bagus untuk mengatasi batuk pada bayi. Selain itu, aktivitas memijat juga dapat mendekatkan antara ibu dan anak. Yang harus diperhatikan setelah bayi sembuh adalah memperhatikan kebersihan lingkungan serta memberikan asupan makanan yang bergizi agar bayi tidak lagi mudah sakit.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *