obat batuk kering anak

Obat Batuk Kering Pada Anak

Batuk, pilek, flu adalah penyakit yang sering dialami anak-anak. Apalagi di Usia 1 – 12 tahun adalah masa pertumbuhan dan anak mencoba melakukan segala hal, maka adalah hal yang wajar anak sering terlihat tidak pernah lelah dan selalu kotor.

Kondisi seperti ini tentu juga rentan terhadap kesehatan tubuh anak. Makanya penyakit musiman seperti batuk pilek sering terjangkiti anak.

Pengertian Batuk

Berdasarkan wikipedia : Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Namun batuk yang terus terjadi dan berlangsung lama bisa dikatakan sebagai batuk akut atau batuk kronis. Kondisi seperti in bisa disebut sebagai penyakit.

Secara umum batuk dikategorikan 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk basah atau sering disebut dengan batuk berdahak.

Untuk batuk kering sesuai dengan namanya, batuk ini tidak tidak disertai dengan keluarnya lendir, berbeda dengan batuk basah, dimana pada saat batuk disertai dengan adanya produksi lender atu sering disebut dengan dahak (sputum)

Jenis Batuk Kering

Batuk kering dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu Batuk Kering Biasa, Batuk Kering Menggonggong (croup) dan Batuk Rejan.obat batuk kering anak

Batuk kering biasa, disebabkan oleh virus yang menyerang hidung dan tenggorokan. Pada saat terkena batuk kering ini maka akan terjadi batuk yang terus menerus disertai dengan terganjalnya tenggorokan dan tidak menutup kemungkinan juga disertai rasa nyeri.

Batuk menggonggong, dari namanya batuk ini terjadi terus menerus hingga suara batuknya seperti anjing melolong. Ini terjadi karena ada pembengkakan atau infeksi pada pita suara sehingga disertai rasa sakit dan kesulitan bernafas.

Batuk rejan, dikenal dengan nama pertusis atau batuk 100 hari. Disebabkan oleh bakteri, dan ini sering terjadi atau sering di alami oleh anak-anak. Batuk rejan ini biasanya terjadi terus menerus dan setelah nya disertai suara keras tarikan nafas.

Cara Dan Obat Mengatasi Batuk Kering Pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika anak kita mengalami batuk kering. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Saat anak terkena batuk kering, perbanyak anak minum air putih. Air putih membantu memperbanyak jumlah cairan yang masuk ke mulut dan tenggorokan, sekaligus membantu menambah asupan cairan ke seluruh tubuh.
  2. Perbanyak waktu istirahat anak. Anak sering kali tetap bermain aktif tanpa menghiraukan kondisi tubuhnya termasuk disaat batuk. Berikan pengertian ke anak agar memperbanyak waktu istirahatnya. Atau jadwalkan secara teratur waktu istirahat anak tanpa mengganggu waktu bermainnya.
  3. Bersihkan kembali tempat tidur anak, tempat bermain dan mainannya. Karena selain mencegah penyebaran virus atau bakteri, tempat aktivitas anak-anak yang tidak terjaga kebersihan juga akan menimbulkan penyakit lainnya, apalagi saat batuk kondisi tubuh sedang lemah dan rentan terkena penyakit.
  4. Perhatikan asupan makanannya. Hindari makanan yang memicu batuk seperti goreng-gorengan. Perbanyak makanan yang bergizi tinggi.
  5. Berikan Vitamin atau suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Bagi para orang tua yang takut atau khawatir jika menggunakan obat batuk kimia, maka madu antariksa adalah jawabannya. Madu antariksa mengandung bahan alami yang sudah teruji khasiatnya, yaitu madu, temulawak, albumin dan ekstrak teripang. Kandungan madu antariksa tersebut membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus sebagi obat alami mengatasi batuk kering pada anak.
anak suka obat batuk kering madu antariksa

Langkah terbaik dalam mengobati adalah dengan mencegahnya. Begitu juga dengan pengobatan batuk kering pada anak. Sebelum batuk kering terjadi pada anak, maka cegalah secara ekternal maupun internal. Secara eksternal dengan menjaga kebersihan lingkungan dan tempat bermain anak, sementara pencegahan internal dilakukan dengan menjaga asupan gizi anak dan memperhatikan jadwal istirahat anak.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *