Tips Memilih Obat Panas Dingin Ampuh

Dalam cuaca yang tidak menentu seperti saat ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti flu, batuk hingga panas dingin. Panas dingin dapat menyerang siapa saja dan datang tiba-tiba. Untuk itu jika Anda atau keluarga mengalami panas dingin harus segera dicarikan obat panas dingin baik obatan-obatan secara alami atau dari dokter. Umumnya orang menganggap panas dingin adalah sebuah demam, lantaran rasanya yang terasa panas namun saat dipegang akan terasa dingin.
Obat demam saat ini telah tersebar luas di pasaran, untuk itu sebaiknya Anda cermati terlebih dahulu sebelum membelinya. Hal ini ditakutkan akan berakibat fatal bagi kesehatan jika salah dalam memilih obat. Untuk itu, sebelum salah langkah sebaiknya Anda coba tips dalam membantu mengobati panas dingin yang terbukti ampuh.

obat alami panas dingin anak

Tips dalam Membantu Mengobati Panas Dingin

  • Mengkonsumsi Banyak Cairan
    Saat tubuh terserang penyakit dan merasa panas dingin, hal ini menandakan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi sehingga akan terlihat lesu. Oleh karena itu obat panas dingin yang terbukti ampuh adalah dengan mengkonsumsi banyak air mineral sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi saat panas dingin sebaiknya Anda minum air hangat hal ini supaya racun dapat keluar melalui air seni.
  • Berendam dengan Air Hangat
    Sebagian orang saat terjadi panas dingin akan mengompresnya atau menyuruhnya memakai selimut tebal. Akan tetapi sebaiknya Anda menyiapkan air hangat dan digunakan untuk berendam hingga suhu hangat akan turun secara perlahan. Saat suhu air turun maka rasa panas dingin atau suhu tubuh Anda yang tidak menentu secara peralahan akan turun. Sebaiknya tetaplah berendam dari posisi air ketika masih hangat hingga suhu air mulai menurun, jangan tunggu sampai air dingin.
  • Mengkonsumsi Air Kelapa Muda
    Air kelapa muda dapat dijadikan sebagai obat panas dingin yang ampuh, hal ini dikarenakan air kelapa muda mengandung mineral yaitu kalium. Saat tubuh terasa panas, otomatis tubuh juga akan mengeluarkan banyak keringat supaya menurunkan suhu tubuh. Oleh karena itu, untuk menggantikan keringat atau cairan yang keluar maka perbanyak mengkonsumsi air kelapa. Pastikan dosis untuk mengkonsumsi air kelapa muda secara tepat dan tidak berlebihan.
  • Hindari Minuman yang Berkafein
    Dalam kondisi yang tidak menentu maka pastikan Anda menghindari minuman dengan kandungan kafein dan alkohol. Hal ini dikarenakan zat pada minuman tersebut cenderung bersifat mengeringkan tubuh. Oleh karena itu konsumsilah air mineral atau air kelapa muda saja ketika terjadi panas dingin.
  • Istirahat Cukup
    Istirahat cukup sebenarnya harus dilakukan bagi siapa saja dan kapan saja, tidak hanya pada saat panas dingin. Saat tubuh dalam kondisi yang drop maka sebaiknya hindari aktivitas rutin terlebih dahulu dengan melakukan istirahat cukup misalnya tidur minimal 7 jam bagi orang dewasa dan 8 jam bagi anak-anak. Selain itu, dengan istirahat yang cukup maka obat panas dingin akan mudah bereaksi dari dalam tubuh Anda.
  • Mengkonsumsi Kunyit
    Kunyit memang terbukti banyak manfaatnya, tidak hanya untuk kecantikan namun juga sangat ampuh untuk dijadikan sebagai obat-obatan. Kunyit mempunyai kandungan curcumin, minyak atsiri, zingiberen dan turmeron, dimana kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri dan anti peradangan.
    Anda dapat memarut kunyit dengan ditambahkan jeruk nipis yang sudah diperas. Lalu tambahkan sedikit madu untuk diminum 3 kali dalam sehari. Kunyit memang terbukti sebagai obat panas dingin yang sifatnya tradisional dan ampuh untuk menangani sakit panas dingin atau demam.
READ  Obat Alami Panas Dalam yang Ampuh

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *