madu-temulawak-sambiloto-obat penurun panas anak alamai

4 Obat Panas Anak Tradisional yang Ampuh

Obat panas anak menjadi salah satu obat yang biasanya disediakan di rumah. Ketika si kecil tiba-tiba mengalami panas, banyak orang tua yang langsung merasa cemas akan keadaan anak mereka. Ya, panas memang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali menyerang anak karena daya tahan tubuh mereka yang masih lemah dan rentan.

Memang, di apotek terdapat banyak sekali obat untuk panas anak yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Namun, beberapa anak seringkali mengalami alergi dan gangguan lain dari konsumsi obat dari apotek tersebut. Oleh karena itu, kami menawarkan obat tradisional yang bisa diandalkan untuk mengatasi gangguan panas anak anda dengan lebih aman dan juga ampuh. Lantas, apa saja obat tradisional untuk panas anak yang bisa diandalkan? Berikut ulasan lengkapnya.

madu-temulawak-sambiloto-obat penurun panas anak alamai

Obat Panas Anak Tradisional Andalan

Dari sekian banyak obat tradisional yang sering digunakan untuk menurunkan panas anak, berikut kami bahas 4 obat panas tradisional yang ampuh dan selalu menjadil andalan utama masyarakat :

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat tradisional yang baik untuk mengatasi demam dan panas yang menyerang anak anda dengan sangat optimal. Dalam kunyit terdapat banyak sekali kandungan yang bisa meredakan panas, seperti minyak astari, turmeron, curcumin, dan juga zingiberen. Selain itu, kunyit juga mengandung antibakteri, antioksidan dan juga anti inflamasi yang akan menjadi agen kuat untuk mengatasi panas.

Untuk menurunkan panas dengan menggunakan kunyit, anda hanya perlu untuk memarut sedikit kunyit dan memeras airnya dalam satu sendok makan. Tambahkan madu untuk menambah rasa pada perasan kunyit tersebut. Berikan ramuan ini setidaknya setiap pagi dan sore secara teratur kepada anak anda.

READ  Khasiat Madu untuk Anak Panas Demam

Sambiloto

Pernahkah anda mendengar herbal yang satu ini? Sambiloto adalah salah satu herbal yang secara ampuh bisa diandalkan untuk menjadi salah satu obat panas anak. Herbal ini memiliki banyak sekali kandungan yang akan secara aktif menurunkan suhu tubuh anak anda dan mengembalikannya pada suhu yang normal. Kandungan yang ada pada sambiloto diantaranya flavonoid, diterpene, glucosides, dan lainnya.

Selain itu, cara penggunaan herbal ini sebagai obat juga cukup mudah. Anda hanya perlu untuk merebus sekitar 10 gram daun sambiloto kering dan tambahkan 25 gram kunyit dengan air 200 cc. Rebus hingga mendidih dan tambahkan madu sebelum di minum. Berikan ramuan ini tiga kali sehari untuk anak anda.

Temulawak

Salah satu bahan tradisional yang sangat baik untuk menurunkan suhu panas pada anak anda adalah temulawak. Herbal yang satu ini memang sangat terkenal dengan beragam manfaatnya terutama untuk anak anda. Selain dapat meredakan panas anak yang mengganggu, temulawak juga bisa diandalkan untuk mengatasi beragam masalah lain, seperti maag, diare, dan juga rasa pegal pada tubuh.

Untuk membuat ramuan temulawak guna mengatasi panas pada anak anda, disini anda hanya perlu memarut sekitar 10 gram temulawak dan menambahkan ½ gelas air panas. Setelah itu, diamkan hingga dingin dan ambil sarinya. Tambahkan sedikit madu lalu minumkan pada anak anda sekurangnya tiga kali sehari.

Bawang Merah

Siapa sangka ternyata bawang merah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur merupakan salah satu obat panas anak yang bisa diandalkan. Ya, rempah yang satu ini memiliki beragam kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam pada anak anda. Cara penggunaannya pun begitu mudah. Ambil sekitar 5 butir bawang merah lalu kupas dan parut. Tambahkan minyak telon lalu gunakan sebagai lulur di ubun-ubun atau dada anak anda.

READ  Obat Panas Alami yang Aman

Beberapa bahan tradisional di atas dapat dimanfaatkan sebagai obat panas anak yang aman.

Save

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *