Tips Memilih Vitamin dan Madu yang Baik

Untuk perkembangan tumbuh anak, kita perlu bijak dalam memilih vitamin maupun suplemen. Karena jika salah, maka akan memperburuk kesehatan anak. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah anak tersebut boleh mengkonsumsi vitamin, terutama jika anak sedang mengkonsumsi obat – obat tertentu.

Selain Vitamin, anak-anak juga dapat memberikan madu sebagai suplemen hariannya. Untuk beberapa produk ada yang menjadikan madu sebagai bahan dasar vitamin anak. Ini bisa juga dicoba sebagai alternatif suplemen harian anak.

Memilih Vitamin Anak yang Baik

Selain itu anda juga harus memastikan untuk memilih vitamin yang baik untuk anak. Berikut ini kami berikan beberapa cara untuk memilih vitamin yang baik :

  1. Sebelum kamu memberikan vitamin pada anak, pastikan kamu tahu kandungan suplemen apa yang dibutuhkan oleh si anak. Pelajari dosis yang cocok dengan umur dan berat badan anak. Bukan hanya kekurangan nutrisi yang menghambat tumbuh kembang anak, tetapi kelebihan zat makanan tertentu juga akan mengganggu kesehatan anak. Misalnya, kelebihan vitamin C dapat menyebabkan mual hingga kram perut.
  2. Periksa tanggal kadaluwarsa suplemen vitamin yang akan dibeli. Pastikan kamu beli vitamin yang masih jauh dari tanggal kadaluwarsa, karena jika sudah kadaluwarsa hasil yang didapat akan kurang maksimal.
  3. Perhatikan efek samping yang ada pada kemasan dan konsultasikan pada dokter atau apoteker tentang vitamin yang di konsumsi oleh anak.
  4. Pastikan vitamin yang kamu beli memang diperuntukkan untuk anak kecil. Jangan berikan vitamin untuk orang dewasa, meskipun dengan dosis yang kecil.
  5. Jika anak sedang mengkonsumsi obat – obat tertentu, pastikan vitamin yang dibeli tidak menyebabkan kontraindikasi dengan obat tersebut. Oleh karena itu, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter.
  6. Usahakan berikan anak vitamin berbentuk minyak atau bubuk, sehingga bisa ditambahkan ke dalam minuman maupun makanan. Karena vitamin berbentuk permen biasanya akan membuat anak ketagihan, vitamin yang harus dikunyah dapat menyebabkan kerusakan gigi.
  7. Ada beberapa vitamin yang sulit dicerna oleh tubuh anak, seperti vitamin D, E, A, dan K. Jika di konsumsi terlalu banyak, maka akan menyebabkan toksisitas hati.
READ  Vitamin Untuk Anak Yang Aman

bingung memilih vitamin dan madu anak

Cara Memilih Madu yang Baik

Selain memilih vitamin yang baik bagi anak, kita juga harus lebih teliti dan cermat dalam memilih madu karena banyak produk yang mengklaim sebagai produk asli. Kualitas madu bisa ditentukan dari cuaca, sumber nektar, kualitas dari tanah tempat tanaman sumber nektar tumbuh, cara ekstraksi, dan derajat pemasakan.

Seperti yang kita tahu, mengkonsumsi madu bisa menjadi salah satu cara untuk menunjang tumbuh kembang anak. Kalau kamu masih ragu bagaimana cara memilih madu yang baik, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lihat :

  1. Lihat kadar air

Jika madu sangat encer artinya madu tersebut sudah dicampur dengan air, madu yang baik tidak terlalu encer. Cara mengetahui kadar air dalam madu tersebut yaitu dengan menuangkan madu dari botolnya, jika madu mengeluarkan gelembung lebih cepat artinya madu tersebut memiliki kandungan air yang banyak. Sebenarnya, parameter ini bergantung pada peternakan lebah dan musim. Biasanya madu lebih encer pada musim hujan.

  1. Warna madu

Madu yang berwarna gelap memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan madu yang berwarna terang. Kandungan mangan, besi, sulfur, potasium, magnesium, sodium, dan derajat keasaman yang tinggi membuat madu berwarna gelap. Tetapi warna madu biasanya tidak tetap, tergantung pada jenis bunga yang digunakan.

  1. Kebersihan madu

Usahakan madu yang kamu beli bersih dari serpihan debu maupun jenis kotoran lainnya. Madu yang kotor menandakan penyaringan yang kurang sempurna, tetapi biasanya madu dengan kandungan serbuk sari yang tinggi membuat madu menjadi keruh.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *