Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun

Ada beberapa yang berpendapat madu belum boleh dikonsumsi pada anak yang belum berusia 1 tahun. Pendapat itu cenderung karena alasan pencernaan anak di bawah 1 tahun belum sempurna, sementara madu adalah bahan mentah yang masih mengandung spora yang belum bisa diatasi oleh pencernaan anak. Namun sebenarnya madu dengan segala kandungannya yang bermanfaat justru sangat dianjurkan buat anak. Selain untuk kebutuhan gizi dan nutrisinya, madu juga bermanfaat untuk anti penyakit berikut :

Manfaat madu untuk anak 1 tahun

1. Mampu menjadi obat meredakan batuk, Memang banyak sekali beredar obat batuk anak 1 tahun atau dibawahnya. Walau memang tidak dilarang tetapi pemakaian obat kimia tentu akan memberikan efek samping bagi anak.
Berikan anak 1-2 sendok teh madu sebelum tidur akan mengurangi gangguan batuk dan melegakan tenggorokan anak

2. Terapi anak susah tidur. Anak susah tidur selain karena ada penyakit atau sakit yang dirasakan, bisa juga karena kecapekan atau beban pikiran. Pemakaian madu sebelum tidur mampu memberikan efek rileks dan menenangkan syaraf pada anak yang memiliki gangguan susah tidur.

3. Sebagai daya tahan tubuhnya terhadap alergi. Madu memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap disamping itu juga mengandung zat besi yang baik untuk daya tahan tubuhnya. Selain itu pada madu terdapat serbuk sari yang terbukti sangat ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan alergi.

4. Madu adalah minuman alami terbaik yang ada di bumi ini, selain tidak memberikan efek samping juga memiliki sifat antibakteri, yang tentu saja bermanfaat untuk anak apalagi yang sudah memasuki usia 1 tahun. Berdasarkan hasil peneletian dan laboratorium, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan salmonella yang menyebabkan mencret atau diare pada anak.

READ  Madu Sebagai Suplemen Anak

5. Madu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang atau antioksidan yang mencegah kerusakan sel tubuh anak.

6. Obat flu alami. Biasanya batuk pada anak juga disertai tenggorokan gatal, hidung mampet atau tersumbat serta gangguan susah bernafas. Kalau sudah seperti ini maka adalah gejala terjadinya flu atau pilek pada anak. Hal ini karena terserang bakteri atau virus. Dengan memberikan madu, gejala awal flu ini bisa diatasi karena madu mampu mengalahkan kekuatan dextromethorphan ataupun diphenhydramine yang biasanya disertakan pada kandungan obat batuk.

Demikian beberapa manfaat madu untuk anak 1 tahun. Pemberian madu sebagai obat alami anak sangat dianjurkan karena tidak memiliki efek samping. Berbeda dengan obat kimia yang memang tidak dilarang namun biasanya memiliki efek samping bagi anak.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *